Ungkap Temuan Pembunuhan Laskar FPI, Mahfud MD: Terimakasih Pak Amien

Post a Comment


PANTAUSATU.id – Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan terima kasih kepada mantan Ketua MPR Amien Rais karena menyebut TNI-Polri tak terlibat dalam pembunuhan laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) di Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

Amien Rais merupakan salah satu inisiator Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) enam laskar FPI. Ia bersama sejumlah tokoh sempat menemui Presiden Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu.

“Terimakasih, Pak Amien, atas sportivitasnya mengumumkan temuan TP3 tentang terbunuhnya 6 Laskar FPI, bahwa tidak ada keterlibatan TNI-POLRI,” kata Mahfud MD, dikutip dari akun Twitternya, Kamis (7/7).

Pernyataan Amien Rais menguatkan kesimpulan bahwa pembunuhan laskar FPI bukan pelanggaran HAM berat.

“Artinya peristiwa (ini) bukan pelanggaran HAM berat melainkan kejahatan biasa. Pelanggaran HAM berat itu melibatkan aparat secara terstruktur dan sistematis,” tambah Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengungkit saat Amien Rais bersama anggota TP3 lainnya menemui Presiden Jokowi.

“Ketika Pak Amien dan TP3 bertemu dengan Presiden, pemerintah juga sudah mengatakan bahwa Komnas HAM tidak menemukan terjadinya pelanggaran HAM Berat,” jelas Mahfud.

“Tapi kalau TP3 punya bukti tentang pelanggaran HAM berat itu pemerintah akan menindaklanjuti sesuai UU 26/2000. Ternyata bukti-bukti tidak ada. Trims TP3,” sambungnya.

TNI-Polri Tak Terlibat Pembunuhan Laskar FPI

Sebelumnya, Amien Rais menyebut TNI dan Polri tidak terlibat dalam peristiwa penembakan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek Km 50 pada Desember 2020.

Pernyataan mengejutkan ini disampaikan Amien Rais saat peluncuran Buku Putih TP3.

Amien Rais menjelaskan, buku putih itu menyajikan fakta yang objektif yang didasari oleh saksi berikut wawancara dengan para keluarga korban lalu dikuatkan fakta-fakta dari video dan sebagainya.

“Setelah membaca dengan baik buku putih ini, secara kelembagaan ini penting, Polri dan TNI sama sekali tidak terlibat dalam skenario maupun implementasi dari pelanggaran HAM berat itu,” kata Amien Rais saat peluncuran buku yang disiarkan di Youtube, Rabu (7/7).

Amien Rais memastikan, TNI dari tiga angkatan maupun Polri sama sekali tidak terlibat baik skenario apalagi pelaksanaan penembakan 6 laskar FPI.

“Jadi kita bangga, Alhamdulillah tulang punggung keamanan bangsa namanya Polri dan tulang punggung pertahanan namanya TNI itu tidak terlibat sama sekali,” kata Amien Rais. (one/pojoksatu)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment