PAN Silaturahmi ke Muhammadiyah, Pengamat: Agar Tidak Lari ke Partai Ummat

Post a Comment


PANTAUSATU.id - Persaingan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan partai Ummat semakin nyata dan kelihatan ditampilkan ke publik. Tak mau kehilangan suara, PAN ambil langkah seribu dengan bersilaturahmi ke Muhammadiyah.

Silaturahmi PAN ke Muhammadiyah bertujuan untuk menjaga eksistensi dan suara supaya tidak lari ke partai Ummat yang didirikan Amien Rais.

Demikian yang diungkapkan pengamat politik Ujang Komarudin. 

"Dan silaturahmi dengan Muhammadiyah merupakan hal yang harus diamankan. Karena basis massa PAN itu grassroot Muhammadiyah. Agar suara akar rumput Muhammadiyah tidak lari dan diambil oleh Partai Ummat -nya Amien Rais," kata Ujang, seperti dilansir sindonews, Rabu (16/6/2021).

Karena, lanjut dia, Amien Rais juga merupakan mantan ketua umum PP Muhammadiyah . 

"Jika suara arus bawah Muhammadiyah lari ke Partai Ummat, karena basis massanya sama, maka PAN akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, bersilaturahmi dengan Muhammadiyah itu suatu keharusan," pungkasnya.

Selain bertemu pengurus Muhammadiyah, untuk menunjukan eksistensinya, PAN juga merekrut para selebriti tanah air.

Seperti baru-baru ini PAN berhasil merekrut aktor dan pembawa acara Jordi Onsu sebagai kadernya. 

Bergabungnya adik artis Ruben Onsu itu diumumkan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo melalui video yang diposting di lini masa akun Twitter resmi DPP PAN, Selasa (15/6/2021).

Sebelumnya, PAN merekrut Enda Ungu. PAN pun dikenal salah satu partai politik yang cukup banyak diisi oleh artis. Di sisi lain, PAN juga rajin bersilaturahmi ke Muhammadiyah.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai apa yang dilakukan PAN tersebut merupakan strategi agar bisa tetap eksis di parlemen Senayan. 

"Ya. Itu strategi PAN agar bisa tetap eksis di Senayan dan dalam menghadapi Pemilu 2024 nanti. Artis direkrut sebagai vote getter karena keterkenalannya," tutur Ujang.

Sehingga, kata Ujang, publik mudah mengenali figur artis tersebut termasuk untuk memperkenalkan PAN di tengah industri pencitraan seperti sekarang ini. 

Ujang pun berpendapat bahwa merekrut artis menjadi bagian dari strategi penting bagi partai politik agar tetap mendapatkan dukungan publik. (sindo/ps) 

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment