Sah! Bahlil Dilantik jadi Menteri Investasi, Nadiem Jabat Mendikbud Ristek

Post a comment


PANTAUSATU.id - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik dua menteri baru dan satu Kepala Lembaga di dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (28/4/2021) sore. 

Mereka yang dilantik adalah Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikbud-Ristek) dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Adapun Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala BRIN.

Pelantikan menteri baru tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 72P / 2021 tentang pembentukan dan pengubahan kementerian dan beberapa menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Adapun pengangkatan Kepala BRIN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 M tahun 2021 tentang Pengangkatan  Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Sebelum melantik, Jokowi terlebih dahulu menanyakan kesediannya kepada Nadiem, Bahlil dan Laksana sebelum disumpah jabatannya.

"Bersediakah saudara -saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing," ucap Jokowi.

"Bersedia," jawab mereka.

Kemudian Jokowi melantik Nadiem, Bahlil seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan. Setelah itu, Jokowi melanjutkan melantik Laksana.

"Bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada negara," kata Jokowi yang diikuti Nadiem, Bahlil dan Laksana.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa bertanggung jawab," ucap Jokowi. (suara/ps) 

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment