Mengenal Ridho Rahmadi, Menantu Amien Rais Calon Ketua Umum Partai Ummat

Post a comment


PANTAUSATU.id - Partai Ummat, partai barunya M Amien Rais, akan dideklarasikan pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan Kamis, 29 April 2021. Nama Ridho Rahmadi, menantu Amien Rais, menguat menjadi calon ketua umum Partai Ummat.

Sejak akhir pekan lalu, nama Ridho Rahmadi memang muncul menjadi calon ketua umum Partai Ummat. Inisiator Partai Ummat Agung Mozin pun membenarkan kabar tersebut.

Ketua TP3U (Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat) DKI Jakarta Imawan Renwarin pun mengiyakan kabar tersebut. "Yes" begitu katanya saat dihubungi.

Senada, PIC Partai Ummat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nazaruddin pun mengiyakan kabar suami Tasniem Rais tersebut menjadi ketua umum Partai Ummat. "Ya," ujarnya.

Dia mengatakan, sosok Ridho dibutuhkan untuk meletakkan fondasi manajemen partai yang berbasis IT. 

Diketahui, Ridho merupakan akademisi yang juga ahli IT. Dalam pembentukan Partai Ummat, dia menjadi Tim Kerja Persiapan Deklarasi Partai Ummat.

Dikutip dari snati.id, Ridho Rahmadi lulus dari Teknik Informatika UII pada tahun 2008. Ridho kemudian melanjutkan pendidikan Magister pada bidang Ilmu Komputer dengan spesialisasi Kecerdasan Buatan, di dua universitas: Czech Technical University in Prague, Republik Ceko, dan Johannes Kepler University, Austria, dan lulus pada tahun 2012.

Setahun kemudian, Ridho melanjutkan pendidikan Doktor dalam bidang Sains Data di Radboud University Nijmegen, Belanda, dan selesai pada Maret 2019. Pada tahun 2017, Ridho melakukan visiting research ke Carnegie Mellon University, Amerika Serikat. 

Mulai 2009 hingga saat ini, Ridho tercatat sebagai staf pengajar di Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia (UII).

Secara umum, minat dan fokus utama Ridho adalah pada bidang sains data, machine learning, dan secara khusus dalam konteks pemodelan kausal. Tahun 2018, Ridho membentuk Pusat Studi Sains Data (Center of Data Science), di UII. Pusat studi ini berfokus pada riset-riset dalam domain sains data, termasuk di dalamnya aplikasi dan pengembangan metode-metode machine learning untuk memecahkan permasalahan-permasalahan spesifik yang ada di Indonesia.

Selain di pusat studi, saat ini Ridho juga dipercaya sebagai Kepala Laboratorium Riset, Teknik Informatika UII. Salah satu fokus Ridho saat ini adalah untuk terlibat dan sekaligus mengembangkan komunitas-komunitas sains data melalui event-event kolaboratif yang mengundang siapa pun yang tertarik untuk belajar bersama. (sindo/ps) 

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment