Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia

Post a comment
Ilustrasi Covid-19


PANTAUSATU.id
- Tepat setahun lalu, yakni tanggal 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya warga Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Ada dua pasien dalam kasus pertama Covid-19 di Tanah Air, yakni seorang perempuan berusia 31 tahun bernama Sita Tyasutami (pasien 1) dan ibunya yang berusia 64 tahun Maria Darmaningsih (pasien 2). 

Kedua pasien tersebut merupakan warga Depok, Jawa Barat. 

Pengumuman kasus pertama Covid-19 itu disampaikan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Berikut kronologi lengkap kasus pertama Covid-19 di Indonesia: 

14 Februari 2020 

Sita (pasien 1) mendatangi sebuah klub dansa di sebuah restoran di Jakarta Selatan. Di sana, Sita melakukan kontak cukup dekat atau close contact dengan seorang WN Jepang yang tinggal di Malaysia. 

Sita diduga tertular virus corona dari WN Jepang tersebut karena WN Jepang itu dinyatakan positif Covid-19 setelah meninggalkan Indonesia. 

Diketahui ada 50 orang yang berdansa di restoran tersebut. 16 Februari 2020 Dua hari berselang setelah menghadiri pesta dansa, Sita (pasien 1) mulai merasakan gejala Covid-19, seperti batuk dan demam. 

Dia kemudian memeriksakan diri ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, Depok. Sita pun sempat tak didiagnosis Covid-19, lalu dokter memperbolehkannya pulang. 

Dia kemudian dirawat intens oleh ibunya, Maria (pasien 2) di rumah. Namun, kondisi Sita tak kunjung membaik selama dirawat di rumah. 

Maria, sang ibu yang merawatnya, justru ikut tertular sakit dan merasakan gejala batuk dan demam. 

26 Februari 2020 

Sita (pasien 1) dan Maria (pasien 2) memutuskan kembali ke rumah sakit karena kondisinya tak kunjung membaik. 

Mereka kemudian meminta untuk rawat inap di rumah sakit. Keduanya pun dirawat di RS Mitra Medika, Depok, hingga 27 Februari 2020. 

28 Februari 2020 

Sita mendapat kabar bahwa WN Jepang yang melakukan kontak erat dengannya di klub dansa dinyatakan positif Covid-19. 

Sita dan Maria langsung melaporkan informasi tersebut ke petugas RS Mitra Keluarga. Keduanya pun langsung dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. 

1 Maret 2020 

Sita dan Maria menjalani tes Covid-19 di RSPI Sulianto Saroso. Keduanya pun dinyatakan positif Covid-19. 

Mereka langsung menjalani perawatan intensif di ruangan khusus pasien Covid-19 di RSPI Sulianto Saroso. 

2 Maret 2020 

Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan yang kala itu dijabat Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Tanah Air. 

Dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jokowi menyampaikan, tim Kemenkes langsung melakukan penelusuran (tracing) aktivitas pasien 1 dan 2. 

Rumah pasien 1 dan 2 di daerah Depok, Jawa Barat, kemudian diisolasi. 

3-8 Maret 2020 

Pemerintah lalu mendapatkan 80 pengunjung yang berada di restoran yang sama dengan pasien 1 pada 14 Februari 2020. 

Setelah dilakukan screening, ada 20 orang yang diminta untuk pendalaman dan dicari tahu seberapa dekat kontak yang dilakukan dengan pasien 1 dan 2. 

Hasilnya, ada tujuh orang yang harus menjalani pemeriksaan lanjutan. 

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di RSPI Sulianti Saroso, ada tiga pasien lagi yang dinyatakan positif Covid-19, yaitu pasien 3, 4, dan 5. 

Sementara itu, pasien 6 tidak terkait dengan klaster klub dansa di Jakarta. 

Dia (pasien 6) adalah awak kapal pesiar Diamond Princess yang sebelumnya menjadi salah satu lokasi penyebaran Covid-19. (kom/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment