Zita Anjani PAN Minta Anies Komitmen Tangani Banjir

Post a Comment
Jakarta banjir

PANTAUSATU.id - Banjir kembali melanda Ibu Kota pada Senin (8/2/2021). Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan, banjir pada Miggu (7/2/2021) malam merendam 22 RW dengan ketinggian bervariasi antara 10-150 sentimeter. 

Menurut politisi PAN, ada 6 RW yang diterjang banjir dengan kondisi yang cukup parah. 

Karenanya, Zita yang juga merupakan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI Jakarta agar lebih berkomitmen dalam pembenahan infrastruktur banjir di Ibu Kota. 

Menurut Zita, menghadapi banjir tidak cukup hanya dengan anggaran yang besar. Pemprov DKI Jakarta juga perlu memiliki komitmen dan alokasi yang tepat sasaran. 

"Itu kunci utamanya," tutur Zita melalui keterangan tertulis, Senin. 

Baca juga: Korban Banjir Jakarta Mengungsi di Masjid, PAN Minta Pemprov Segera Sediakan Tempat yang Layak

Kendati demikian, Zita mengapresiasi sistem peringatan dini atau early warning system yang telah diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan antisipasi yang baik. 

Zita mengatakan, sebelumnya, Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta telah memberikan rekomendasi mengenai banjir. 

Rekomendasi tersebut juga telah diberikan kepada Guberur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Jauh sebelum kejadian, kami (DPRD) sudah membantu Pemprov lewat Pansus Banjir. Saya sudah sampaikan ke gubernur (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) strategi ideal mengatasi banjir," ucap Zita. 

Sebelumnya diberitakan, Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta telah memberikan sejumlah rekomendasi terkait banjir pada Desember 2020 lalu. 

Adapun rekomendasiya seperti menunda pembangunan situ, waduk, danau, embung (SDEW) dan dialihkan untuk merevitalisasi 109 SDEW yang sudah ada. 

Kemudian Pemprov DKI Jakarta seharusnya lebih fokus dalam penanganan 13 sungai di Ibu Kota hingga penyediaan anggaran untuk membuka ruang terbuka hijau (RTH) publik. (kom/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment