Wapres Contohkan Kritik Baik, Ingatkan soal Penanganan Pandemi Tanpa Provokasi

Post a Comment
Wapres Ma'ruf Amin

PANTAUSATU.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa dalam menyampaikan kritik kepada pemerintah tidak boleh memprovokasi. 

Ma'ruf mengatakan, beberapa kritik yang disampaikan belakangan ini sangat bagus untuk memperbaiki bangsa ini. 

Salah satunya terkait dengan upaya penanganan pandemi Covid-19. 

"Kemarin yang kritisi bagus sekali, apa yang tidak baik. Tapi jangan memprovokasi artinya membuat orang tidak percaya," kata Ma'ruf dalam wawancaranya dengan salah satu stasiun televisi, dikutip Rabu (17/2/2021). 

Ma'ruf mencontohkan provokasi yang terjadi di masa pandemi Covid-19 ini. 

Misalnya, ajakan agar jangan mau divaksin, tidak perlu menggunakan masker, dan tidak perlu menaati pembatasan. 

"Kalau rakyat diprovokasi tidak patuh, sasaran yang sudah kami siapkan pasti tidak akan berhasil (upaya penanganan)," kata Ma'ruf. 

Ma'ruf mengatakan, dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 ini, pemerintah harus didukung masyarakat dan elemen-elemen lainnya. 

Terlebih, kata dia, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya dengan menggunakan tiga pendekatan. 

Antara lain, protokol kesehatan, pembatasan-pembatasan mobilitas masyarakat yang saat ini hingga ke skala mikro, serta vaksinasi. 

"Semua harus mendukung upaya-upaya ini. Begitu juga penanggulangan akibat-akibat pandeminya," kata dia. 

Dalam menangani dampak pandemi, kata Ma'ruf, pemerintah menggulirkan sejumlah bantuan sosial (bansos), menggunakan dana-dana stimulus, dan memberikan anggaran besar baik tahun 2020 maupun 2021. 

Oleh karena itu, dukungan dari seluruh elemen bangsa untuk memppercepat proses penanganan Covid-19 dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pembatasan, dan vaksinasi. 

"Sebab kalau masalah pandemi ini bisa kita atasi, pasti ekonomi kita akan naik. Kenapa ekonomi kita belum bisa bangkit? Karena kepercayaan para pengusaha belum pulih karena masih ada pandemi," tutur Ma'ruf. 

"Oleh karena itu, pandeminya harus kita selesaikan ekonominya akan naik. Ini harus didukung semua pihak," ucap dia. (kom/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment