Pemprov DKI Minta Anggaran Rp 30 M, Katanya Untuk Bangun Prasasti Pesepeda

Post a Comment
Syafrin Lukito

PANTAUSATU.id - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berencana membuat prasasti sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda. 

Syafrin menyebutkan, pendanaan untuk prasasti mencapai Rp 30 miliar yang diambil dari kompensasi pihak ketiga. 

"Anggaran sekitar Rp 30-an miliar, dari kompensasi pihak ketiga," ucap Syafrin saat dihubungi melalui pesang singkat, Rabu (24/2/2021).

Dia mengatakan, Prasasti atau art work tersebut akan dibuat di depan Gedung Indofood Tower di Jalan Jenderal Sudirman, Setia Budi, Jakarta Selatan. 

"Tujuan pembuatan art work prasasti sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang masif digunakan oleh masyarakat pada masa pandemi Covid-19," ujarnya. 

Selain berencana membangun sebuah prasasti, Syafrin juga menjelaskan, Dishub DKI sedang membangun pembatas jalur sepeda untuk dijadikan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin sepanjang 11,2 kilometer. 

Dia mengatakan, jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin bertemakan "Sabuk Nusantara" dengan representasi pada pot tanaman atau planter box sebagai proteksi jalur sepeda berbentuk seperti rantai yang saling berkait. 

"Rantai melambangkan sila ke-2 menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu dan juga bentuk kolaborasi di mana Jakarta sebagai city of colaboraty," kata Syafrin. 

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menargetkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 578,8 kilometer dengan target sepenuhnya tercapai pada 2030. 

"Jalur sepeda eksisting yang sudah terbangun sepanjang 63 kilometer pada tahun 2019," ujar dia. (kom/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment