Dinas Keamanan Rusia Tangkap Warganya yang Menyamar Galang Dana untuk ISIS di Tatarstan

Post a comment
Ilustrasi

PANTAUSATU.id - Dinas Keamanan Federal Rusia ( FSB) menahan beberapa warganya yang terlibat ISIS di Republik Tatarstan dan Crimea. 

Melansir kantor berita Rusia, TASS, Selasa (16/2/2021) FSB dan Layanan Pemanatauan Keuangan Federal telah mengidentifikasi warga negara Rusia di Crimea dan Tatarstan yang terlibat dalam pendanaan organisasi teroris ISIS yang dilarang Rusia. 

Beberapa warga Rusia itu menyamar sebagai organisasi amal dan mengumpulkan dana mereka untuk dikirim kepada para militan di luar negeri menurut keterangan FSB. 

"Beberapa orang telah ditahan. Pada 2015 sampai 2019, mereka mengumpulkan dana dengan menyamar sebagai organisasi amal dan mengirim uang kepada militan di luar negeri," tambah FSB. 

Perangkat komunikasi, komputer, dan tempat penyimpanan magnetis disita selama penggeledahan. Kasus-kasus pidana telah dibuka berdasarkan Pasal 205.1.1.1 dan 205.1.1.4 KUHP Rusia yang berkaitan dengan kegiatan terorisme. 

Sebelumnya pada 24 Agustus 2020, melansir Xinhua, FSB juga pernah menahan seorang tersangka yang merekrut dan menggalang dana untuk ISIS di Republik Tatarstan, Rusia. 

Tersangka tersebut melakukan aksinya atas perintah utusan ISIS. 

Selain merekrut warga Rusia, tersangka juga merekrut orang-orang di negara persemakmuran negara merdeka lainnya ke Suriah. 

FSB juga telah menemukan skema pendanaan dan jalur pengiriman dana kepada para militan yang direkrut. (kom/ps)

Reactions:
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment