Suara dari Senayan agar Ajakan Tersangka Penghasutan Rizieq Setop Gaduh Dibuktikan

Post a comment
Maman Imanulhaq

PANTAUSATU.id - Ajakan tersangka Rizieq Shihab agar setop kegaduhan dan membangun kedamaian menuai tanggapan beragam anggota Dewan di Senayatn. Para wakil rakyat meminta tersangka penghasutan Rizieq juga membuktikan seruannya itu.

Ketika hendak dipindah dari rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim Polri, tersangka penghasutan Rizieq meneriakkan revolusi akhlak.

"Revolusi akhlak, Allahuakbar," kata Rizieq Shihab di depan rutan Polda Metro Jaya sebelum menaiki kendaraan menuju Bareskrim pada Kamis (14/1/2021).

Tersangka penghasutan Rizieq terlihat menggunakan baju tahanan berwarna oranye. Tangannya pun terlihat diikat dengan kabel ties.

Tersangka penghasutan Rizieq lalu menaiki kendaraan Isuzu MU-X bernopol B-2000-PH. Sejumlah personel keamanan mengikuti dari belakang untuk mengamankan proses perjalanan tersangka penghasutan Rizieq ke rutan Bareskrim.

Setiba di Bareskrim Polri, tersangka kasus penghasutan dan kerumunan itu kemudian berpesan untuk membangun kedamaian.

"Alhamdulillah, santai saja. Setop kegaduhan, bangun kedamaian. Saya tetap komitmen revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak. Revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak," ujarnya.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menyampaikan pemindahan itu dilakukan agar memudahkan tim penyidik mengurus pemberkasan kasus yang melibatkan Rizieq. Selain itu, lanjut Andi, rutan Polda Metro Jaya sudah cukup padat.

Menanggapi ajakan tersangka penghasutan Rizieq, sejumlah anggota DPR angkat suara. Mereka meminta agar Habib Rizieq mewujudkan ajakannya tersebut.

PPP Harap Habib Rizieq Implementasikan Revolusi Akhlak yang Berakhlak

PPP berharap penghasut Rizieq bisa mengimplementasikan ucapannya di lapangan.

"Ya itu saya kira jati diri yang seharusnya dari tokoh agama, tokoh ulama, dan HRS mencoba melakukan revolusi akhlak dengan cara-cara yang berakhlak," kata Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi (Awiek) saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Awiek menjelaskan cara-cara berakhlak artinya bertindak sesuai norma agama, prosedur hukum yang berlaku, dan bertindak sesuai nilai nilai Indonesia. Selain itu, revolusi akhlak juga memang harusnya dilakukan secara beradab.

Tak hanya itu, Awiek juga berharap penghasut Rizieq dapat mengimplementasikan hal tersebut di lapangan, khususnya kepada para pengikutnya.

Golkar Minta Habib Rizieq Buktikan Revolusi Akhlak dengan Cara berakhlak

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily meminta Habib Rizieq membuktikan ucapan akan membangun revolusi akhlak yang berakhlak.

"Buktikan dan jalankan apa yang disampaikannya. Revolusi akhlak itu bukan sekadar ucapan, tapi juga tindakan yang nyata. Dimulai dari diri sendiri. Ibda bi nafsik," ucap Ace saat dihubungi, Kamis (14/1/2021)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini menekankan Rizieq juga harus menjadi teladan bagi para pengikutnya. "HRS juga harus memberikan teladan kepada para pengikutnya bahwa jangan membuat kegaduhan," ucapnya.

PDIP: Jangan Hanya Siasat Pendek

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno berharap ajakan Rizieq itu bisa dilakukan oleh para pengikutnya.

"Tentu kita sambut gembira pernyataan sejuk tersebut. Tugas besar masih menunggu, yaitu bagaimana HRS dapat membawa para pengikutnya untuk melakukan 'perubahan perilaku' sesuai dengan pernyataan tersebut," kata Hendrawan saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Hendrawan mengatakan pernyataan itu harus disosialisasikan, dihayati, hingga dipraktikkan secara nyata dalam kehidupan bernegara. Dia mengapresiasi tekad Rizieq untuk revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak.

Hendrawan berharap pesan Rizieq ini sebagai bentuk pencerahan dirinya selama ini. Dia juga mengharapkan agar pesan tersebut bukan siasat jangka pendek yang dilakukan Rizieq.

"Jangan sampai pernyataan tersebut hanya merupakan siasat jangka pendek, dan bukan menjadi basis eksistensi dan esensi organisasi yang dipimpinnya. Mudah-mudahan apa yang disampaikan merupakan pencerahan sebagai hasil refleksi dan mawas diri yang tuntas," ujarnya.

PKB: Jika Itu bentuk Kesadaran perlu Direspons Positif

PKB menilai, jika ajakan menyetop kegaduhan dan membangun kedamaian itu adalah bentuk kesadaran tersangka penghasutan Rizieq, perlu direspons dengan baik.

"Kalau itu bentuk kesadaran Habib Rizieq untuk mengubah strategi dakwahnya, yaitu tetap melakukan revolusi akhlak dengan cara yang beretika, tentu suatu yang perlu direspons positif," kata Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Maman beralasan banyak pihak yang berharap Rizieq menjadi figur yang membawa perdamaian dan toleransi sekembali dari Mekah. Karena itu, jika pesan perdamaian itu benar, itu bisa menggugah siapa pun untuk berhenti membuat onar dan kegaduhan.

Maman juga berharap, ke depannya, demokrasi ini harus diisi dengan sesuatu yang tidak membuat kegaduhan, keonaran, atau kekerasan, melainkan menciptakan rasa damai, aman, dan tenteram. (dtk/ps) 

Reactions:
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Related Posts

Post a comment