Selamat! Gibran Ditetapkan Jadi Wali Kota Solo Terpilih 21 Januari

Foto: Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa

PANTAUSATU.id - Setelah dinyatakan unggul dalam rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Solo 2020Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa akan segera ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih. Penetapan dilakukan pada 21 Januari 2020.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, membenarkan pihaknya telah menjadwalkan agenda penetapan Gibran-Teguh sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih tersebut. Penetapan dilakukan di Swiss-Belhotel Gilingan, Solo.

"Sesuai jadwal tahapan, kita gelar 21 Januari 2021, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU," kata Nurul, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, tidak ada gugatan ke MK terkait hasil Pilkada Solo kemarin. Namun dirinya tetap harus menunggu BRPK terbit dahulu untuk bisa melakukan penetapan.

"Memang tidak ada gugatan kemarin. Tapi kita kan harus sesuai tahapan. Penetapan paling lambat dilakukan lima hari setelah BRPK terbit. Rencananya BRPK diserahkan ke KPU tanggal 18 Januari," ujar dia.

Menurutnya, acara akan diikuti peserta secara terbatas, mengingat masih dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Meski demikian, pihaknya tetap akan menyiarkan kegiatan secara live di media sosial.

"Nanti kita ketat, hanya 25 persen kapasitas. Hanya calon wali kota dan wakil wali kota, partai pengusung dan Bawaslu," katanya.

Terkait pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Nurul mengatakan hal tersebut ditentukan oleh Mendagri. Namun diketahui masa jabatan wali kota sebelumnya akan habis pada 17 Februari 2021.

"Kalau pelantikan bukan ranah kita. Nanti di Mendagri sama Gubernur. Tugas kita setelah itu hanya tinggal membuat laporan," tutupnya.

Diketahui, KPU Solo menetapkan hasil rekapitulasi akhir Pilkada Solo 2020. Paslon Gibran-Teguh unggul jauh dengan 225.451 suara dibandingkan rivalnya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang memperoleh 35.055 suara. Dalam persentase, Gibran-Teguh memperoleh 86,5 persen dan Bajo memperoleh 13,5 persen. (detik/ps) 

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel