Pindah Jeruji Bikin Tersangka Rizieq Lebih Menikmati

Post a comment
Rizieq Shihab

PANTAUSATU.id - Tersangka penghasutan kerumunan, Habib Rizieq Shihab resmi dipindah oleh pihak kepolisian dari rutan Polda Metro Jaya ke rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri. Tersangka Rizieq disebut lebih menikmati di rutan Bareskrim.

Tersangka Rizieq mulai pindah ke rutan Bareskrim Polri sejak Kamis (14/1). Pemindahan itu dilakukan untuk mempermudah tim penyidik mengurus pemberkasan kasus yang melibatkan Rizieq.

Selain itu, lanjut Andi, rutan Polda Metro Jaya sudah cukup padat.

"Pertimbangannya tahanan di PMJ terlalu padat, sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi, Kamis (14/1/2021).

Saat sampai rutan Bareskrim, tersangka Rizieq sempat mengungkapkan beberapa hal saat bertemu dengan awak media. Dia sempat berpesan agar berhenti membuat kegaduhan dan membangun kedamaian.

"Alhamdulillah, santai saja. Setop kegaduhan, bangun kedamaian. Saya tetap komitmen revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak. Revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak," ujarnya.

Sehari kemudian, Kuasa hukum tersangka penghasutan Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, mengungkap kondisi Rizieq di rutan Bareskrim. Dia mengatakan kondisi Rizieq dalam keadaan baik.

"(Kondisinya) jauh lebih baik, jauh lebih menikmati beliau," ujar Sugito saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Menurut dia, Rizieq selama ini memang ingin dipindahkan dari rutan Polda Metro Jaya ke rutan Bareskrim Polri. Keinginan itu agar pihak keluarga lebih mudah menjenguk Rizieq.

"(Kondisinya) jauh lebih baik, jauh lebih menikmati beliau," ujar Sugito saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

"Kan sebenarnya beliau itu memang ingin pindah supaya lebih mudah dijenguk oleh keluarganya," katanya.

Sugito menyebut selama tersangka Rizieq menjalani penahanan di Polda Metro Jaya, pihak keluarga agak kesulitan untuk menjenguk Rizieq. Selain itu, kata Sugito, pemindahan ke rutan Bareskrim Polri itu lebih memudahkan saat hendak dilakukan pemeriksaan.

"(Di Polda keluarga) agak susah kan (jenguk). Kan sekarang ditangani oleh Bareskrim, tapi tahanannya di Polda Metro itu repot," katanya.

Polri mengatakan pelayanan di Rutan Bareskrim sama dengan rutan-rutan yang lain. Argo enggan bicara lebih jauh soal maksud dari tersangka penghasutan Rizieq lebih menikmati di Rutan Bareskrim dari pada di Polda Metro Jaya.

"Semua rutan sama," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Jumat (15/1/2021). (dtk/ps) 

Reactions:
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment