Pelantikan Joe Biden, Ini Para Mantan Presiden AS yang Hadir

Post a Comment
foto: Para mantan Presiden AS

PANTAUSATU.id - Upacara pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS dimulai pada Rabu (20/1/2021) pagi waktu setempat. Pelantikan Biden tersebut dihelat di Gedung Capitol di Washington DC. 

Selain Biden, Kamala Harris juga akan dilantik sebagai Wakil Presiden AS. Mulai pukul 10.00 waktu setempat, sejumlah pejabat tinggi dan tamu undangan satu per satu tiba di Gedung Capitol. 

Wakil Presiden AS Mike Pence juga menghadiri upacara pelantikan Biden tersebut, sebagaimana dilansir CNN. 

Selain itu, sejumlah mantan presiden AS juga tampak hadir dalam upacara tersebut. Mantan Presiden Bill Clinton dan Hillary Clinton terlihat hadir di Gedung Capitol. 

Beberapa saat kemudian, mantan Presiden George W Bush dan mantan ibu negara Laura Bush juga tampak hadir di gedung. 

Mantan Presiden Barack Obama dan mantan ibu negara Michelle Obama juga berada di Gedung Capitol untuk acara tersebut. 

Mantan Presiden Jimmy Carter, mantan presiden tertua yang masih hidup, diperkirakan tidak akan menghadiri upacara hari ini. 

Presiden Donald Trump yang meninggalkan Gedung Putih pada Rabu pagi dan juga tidak akan menghadiri pelantikan Biden. 

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden tahun ini berbeda dari pelantikan-pelantikan sebelumnya karena adanya pandemi virus corona. 

Biasanya, pelantikan presiden AS digelar dengan meriah dan dihadiri oleh ribuan rakyat AS. Namun, kini pelantikan Biden dan Harris hanya mengundang beberapa pejabat. 

Para tamu hadirin juga diwajibkan memakai masker selama di tempat acara. Tampak semua hadirin memakai masker tanpa terkecuali. 

Di sisi lain, mengingat penyerbuan Gedung Capitol oleh pendukung Donald Trump pada 6 Januari, keamanan di Capitoll Hill sangat diperketat. 

Setidaknya, 25.000 personel Garda Nasional dikerahkan untuk mengamankan pelantikan Biden dan Harris tersebut. 

Wali Kota Washington DC Muriel Bowser bahkan meminta rakyat AS untuk tidak datang ke Ibu Kota AS tersebut. 

Bowser meminta rakyat AS untuk menyaksikan pelatikan Biden dan Harris di rumah karena upacara tersebut bakal disiarkan secara langsung. (kmp/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment