Kucurkan Duit Ratusan Miliar, FH Bersuara Lantang: Lokasi Makam yang Dibeli Anies Sarat Patgulipat

Post a comment
Ferdinand Hutahaean

PANTAUSATU.id - Mantan Politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean ikut menyoroti soal letak makam yang dibeli oleh Pemprov DKI senilai Rp185 miliar.

Ia menduga persoalan tersebut bakal sarat patgilipat. 

"Hingga saat ini pun kami tidak tahu di mana lahan tersebut. Ini kan dibeli pakai uang rakyat, tapi mengapa lokasi lahan seolah-olah dirahasiakan," katanya menirukan pernyataan Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Justin Untayana, dalam akun Twitternya, seperti dilihat, Sabtu (23/1/2021).

"Ini belinya bgmn? Tunjuk dan beli langsung? Wahhhh kalau begini sarat dugaan patgulipat," imbuhnya. 

Sebelumnya, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Justin Untayana, mempertanyakan keberadaan lahan makam yang dibeli Pemprov DKI tersebut.

Ia mengaku mendapat informasi bahwa Pemprov DKI telah membayar sejumlah uang untuk pengadaan makam. Namun sayangnya, hingga kini lokasi lahan tersebut belum diketahui letaknya.

"Hingga saat ini pun kami tidak tahu di mana lahan tersebut. Ini kan dibeli pakai uang rakyat, tapi mengapa lokasi lahan seolah-olah dirahasiakan," kata Justin seperti dilansir Kompas.com, Kamis (21/1).

Lebih lanjut, Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengatakan, jika Pemprov DKI sudah melakukan pembayaran, seharusnya lahan pemakaman tersebut bisa digunakan.

Sebab, saat ini pemakaman jenazah pasien Covid-19 terus meningkat dan lahan pemakaman juga sudah menipis.

Justin juga mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meminta anggaran Rp 219 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 untuk pengadaan lahan makam.

Karena itu, ia meminta Anies untuk segera merealisasikan apa yang sudah disepakati sebelumnya untuk membuka lahan pemakaman baru.

Sementara itu diketahui krisis lahan pemakaman untuk jenazah pasien Covid-19 semakin nyata dengan penuhnya Taman Pemakaman Umum ( TPU) Serengseng Sawah. TPU Serengseng Sawah merupakan TPU ketiga yang digunakan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 setelah TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur dinyatakan penuh.

Selama delapan hari dibuka untuk tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19, TPU Serengseng Sawah sudah menguburkan 481 Jenazah. (we/ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment