Kini Giliran Bank Syariah Mandiri Blokir Rekening Ormas Terlarang FPI

BSM

PANTAUSATU.id - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) memberi penjelasan atas aktivitas transaksi dari rekening ormas terlarang Front Pembela Islam (FPI) dan afiliasinya yang diblokir sementara. 

Manajemen menyatakan pemblokiran dilakukan atas permintaan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan itu sudah sesuai ketentuan.

Sekretaris Perusahaan BSM Ivan Ally mengungkapkan hal tersebut menanggapi pemblokiran sementara rekening FPI di sejumlah bank, termasuk BSM.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menghentikan sementara transaksi dan aktivitas rekening Front Pembela Islam (FPI) berikut afiliasinya.

PPATK menyebutkan hal ini sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) dan UU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

Diketahui, FPI ditetapkan sebagai ormas terlarang oleh Pemerintah sejak 30 Desember 2020. Ormas pimpinan Rizieq Shihab itu sejak berdirinya sering melakukan aksi-aksi kekerasan dengan dalih ajaran Agama Islam. (dtik/ps) 

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel