Diskriminatif! Siswi Non Muslim Dipaksa Berjilbab di Sumbar, Netizen: Mentang2 Gubernurnya dari PKS berbuat seenaknya

Post a comment
Screenshoot unggahan wali siswa

PANTAUSATU.id - Terpantau di media sosial kasus siswa SMK Negeri di Sumatera Barat (Sumbar) masih jadi trending di kalangan warganet. Akun @eko_kuntadhi melihat kasus ini bisa diperkarakan lantaran kebijakannya yang diskriminatif.

"Seharusnya ada lembaga yang memperkarakan kebijakan diskriminatif sprti SMK2 Padang ini ke jalur hukum," tulis @eko_kuntadhi di akun Twitternya seperti dilihat pantausatu, Jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut, akun @eko_kuntadhi meminta yang punya wilayah dalam hal ini Gubernur untuk bertanggungjawab dimana dengan semaunya memaksa siswi Non Muslim memakai jilbab. 

"Dinas Pendidikan Prov. Sumbar wajib bertanggungjawab. Jangan Mentang2 Gub. dari PKS Anda berbuat seenaknya memaksa siswi Kristen mengenakan busana muslimah," sambungnya. 

Sejumlah warganet ikut pula menanggapi kasus diskriminatif terhadap siswa non muslim di SMK Negeri 2 Padang yang dipaksa memakai jilbab dikolom reply akun @eko_kuntadhi.

"Setuju! Bisa diusut dari pemberi kebijakan, Sekarang gampang kok mencari afiliasi seseorang atau kelompok ke arah mana," tulis @babehdom.

"SEBAIKNYA KEPALA SEKOLAHNYA DIPECAT ATAU JABATANNYA DICOPOT," tulis @yana_udiyatna.

"Beragama yang tidak pada tempatnya, bernegara yang salah," tulis @eka_harjanto.

Sebelumnya beredar luas postingan orangtua siswa SMK 2. Orangtua siswa SMK Negeri 2 yang bernama Elianu itu meminta dukungan atas sanksi yang diberikan lantaran anaknya tidak menggunakan jilbab. 

Ketua Komnas HAM Sumbar Beka Ulung Hapsara akan mengusut kasus tersebut. Komnas HAM bakal memanggil pihak Dinas Pendidikan terkait atas kasus yang memalukan ini. Komnas mengaku akan mempertemukan kedua belah pihak. 

"Hari Senin besok (28/1/2021) akan ada pertemuan bareng, Komnas HAM, Ombudsman dan Dinas Pendidikan Sumbar untuk membahas persoalan ini," ucap Beka, yang dilansir cnnindonesia, Sabtu (23/1/2021).

Hingga tulisan ini dibuat, kasus siswa SMK Negeri 2 Padang dipaksa berjilbab terus bergulir di dunia jagat Maya. (ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment