Belum Usai Kasus SMKN 2 Padang, Abu Janda Kembali Bongkar Siswi Non Muslim Dipaksa Pakai Jilbab di Sumetra Barat

Post a Comment
Abu Janda

PANTAUSATU.id - Kasus siswi negeri 2 di Padang dipaksa memakai jilbab belum lagi selesai, kini muncul hal yang serupa. 

Adalah pegiat media sosial Abu Janda yang membongkar praktek diskriminatif yang dipraktekan sekolah di Sumatera Barat ke dalam sebuah video. 

Dalam videonya, Abu Janda membongkar praktek diskriminatif terhadap siswi non muslim yang terjadi di sekolah lain. Abu Janda bahkan meminta followernya untuk dibagikan ke Mendikbud atas kasus diskrimatif itu.

"Kasus pemaksaan jilbab ke siswi non muslim di SMKN 4 Padang cuma ujung gunung es. Video ini bongkar praktek serupa di sekolah2 lain atas permintaan korban agar pak @nadiemmakarim bisa tertibkan semuanya. Bantu mention pak Nadiem lagi ya twips," kata Abu Janda alias Permadi Arya di akun twitternya, Selasa (26/1/2021).

Diberitakan, viral video di sosial media, memperlihatkan percakapan salah seorang orang tua siswa Eliana Hia dengan pihak sekolah SMK Negeri 2 Padang. 

Eliana dipanggil pihak sekolah karena anaknya, Jeni Cahyani Hia tidak mengenakan jilbab. 

Jeni tercatat sebagai siswi Kelas IX pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)) di sekolah itu. Ia tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim. 

Dalam debat nampak orang tua non muslim diminta anaknya memakai jilbab oleh pihak sekolah. 

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan (sekolah) negeri," sebut video yang viral. 

Namun pihak sekolah mengklaim sudah melakukan persetujuan antar orang tua terkait adanya aturan tersebut.

"Ini tentunya menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah ketika ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Zikri.

Elianu yang non muslim, selaku siswa yang menolak diminta menggunakan jilbab mengadu dengan melakukan aksi merekam peristiwa itu. 

"Kejadiannya kemarin, sebagaimana video siaran langsung saya itu," kata Elianu. (ps)

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment