Menteri Bango Sandiaga Uno Disebut-sebut Mau Hancurkan Wisata Bali dengan Ide Halalnya

Sandiaga Uno


PANTAUSATU.id
- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disebut-sebut mau menghancurkan wisata Bali yang sudah dibangun puluhan tahun lamanya. Ide wisata Halal lah yang jadi pemicunya.

Pegiat media sosial Denny Siregar merespon ide gila seorang pengusaha yang gagal jadi Wakil Presiden itu. Menurut Denny, fokus saja besarkan tempat wisata, tidak perlu ada label halal-halalan. 

"Bali thn 2018, sumbang 40 persen pendapatan pariwisata, atau Rp 100 triliun buat Indonesia. Ga usah dihalal2in segala. Mending @sandiuno fokus besarkan wisata di daerah2 yg kurang promosi dgn konsep wisata budaya. Turis itu tergantung apa yg disajikan, bukan pake agama," kata Denny Siregar di akun Twitternya yang dilihat pantausatu, Senin (28/12/2020).

Sejumlah warganet juga menanggapi kritis Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di kolom reply Denny Siregar.

"Masuk gerbong kirain bikin adem... Eeehhh bikin gaduh....," tulis @GedeKerto. 

"Artinya tanpa Sandi juga Bali sdh terkenal...😜😅," tulis @duansitorus***.

"Kalo anda mau memajukan pariwisata maka hormatilah culture setempat, jgn coba2 tuk melakukan asimilasi budaya, itu sama aja hendak menghancurkannya," tulis @sonnaga. 

Diberitakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja (kunker) perdana ke Bali. Sandiaga akan membahas soal wisata halal.

Ia mengatakan akan melakukan pembahasan wisata halal terlebih dahulu dengan pihak terkait.

"Nanti kita akan bicarakan (soal wisata halal) nanti pada rencana kita duduk bersama-sama wartawan, rekan-rekan media, kalau tidak salah dijadwalkan besok, nanti akan disampaikan. Kita bersabar dulu," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (27/12/2020).

Selain itu, Sandiaga juga memaparkan akan melakukan pertemuan dengan beberapa elemen pariwisata. Terkait pembahasan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

"Nanti kita bicarakan (soal pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif) pada kesempatan yang sangat luas dengan teman-teman media," kata Sandiaga Uno.

Sebelumnya, dalam kampanye Pilpres 2019 Sandi berencana akan membangun wisata halal di Bali. Dengan dilantiknya ia sebagai Menparekraf, hal tersebut kembali menjadi sorotan.

"Prabowo-Sandi fokus untuk memberdayakan UMKM, meningkatkan kewirausahaan dan di Bali sendiri pariwisata kita harapkan pariwisata akan lebih baik dan multiplayer-nya banyak sekali kepada UMKM. Salah satunya juga pariwisata halal, banyak potensinya, dan sekarang banyak diambil oleh Bangkok, Thailand," kata Sandiaga di Hotel Alkyfa, Jl Pura Demak, Pemecutan Klod, Denpasar, Bali, Minggu (24/2/2019).

"Kita ingin Bali, Indonesia secara umum juga ngambil potensi pariwisata halal yang konon kabarnya di atas Rp 3.000 triliun potensinya. Ini sangat luar biasa potensinya kalau bisa kita ambil untuk gerakan ekonomi di Bali," ujarnya.

Selain soal wisata halal, kunker Sandiaga Uno ke Bali juga hendak melihat langsung penerapan protokol kesehatan. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Sandiaga memuji pelayanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang tanggap.

"Setelah saya tinjau, protokol kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah berjalan dengan baik. Proses layanan pemeriksaan kedatangan penumpang domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai juga hanya memakan waktu sekitar tiga menit. Mantap!," tulisnya dalam caption Instagram. (ps)

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel