KPK Tetapkan Menteri Sosial Juliari Tersangka Bansos Corona dan Segera Menyerahkan Diri

Post a Comment
Ilustrasi KPK


PANTAUSATU.id
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (JPB) sebagai tersangka dalam kasus korupsi bantuan sosial virus Corona. 

Kasus ini terbongkar hasil pengembangan dari tertangkapnya 6 orang sebelumnya. Yaitu Sekretaris Kemensos Shelvy N, Sanjaya dari swasta, Harry, Ardian, Direktur Tiga Pilar Utama Wan Guntar dan Matheus. 

Barang bukti dipamerkan KPK


KPK mengamankan barang bukti berupa uang sekira Rp14, miliar yaitu pecahan Rupiah, dolar Amerika dan dolar Singapura. Uang korupsi itu dibungkus 3 tas ransel, 7 koper dan amplop untuk Ardian dan Harry. 

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Mensos Juliari terima fee Rp12 miliar melalui Matheus dan Adi. Duit haram itu kemudian digunakan Eko dan Shelvy buat kebutuhan Juliari. 

Duit bansos Corona periode Oktober hingga Desember 2020 juga dikorup senilai Rp8,8 miliar yang juga untuk kebutuhan Juliari. 

Menteri sosial yang juga Politisi PDIP itu dijerat pasal korupsi UU nomor 21 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. 

Firli dalam konferensi persnya meminta agar saudara Juliari menyerahkan diri. 

"Kami minta kepada saudara JPB untuk kooperatif dan segera menyerahkan diri kepada KPK. Kami akan terus kejar sampai saudara tertangkap," kata Firli Bahuri, yang dikutip cnnindonesia, Minggu (6/12/2020/) tengah malam. (pantausatu) 

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment