Kota Jakarta Raih Penghargaan Dunia Bidang Transportasi Hanya Settingan?

Anies Baswedan


PANTAUSATU.id
- Gubernur Anies Baswedan mengungkapkan transportasi di Jakarta raih penghargaan tertinggi. Demikian yang dikatakannya di akun media sosial Instagram milik pribadinya @aniesbaswedan. 

"Alhamdulillah Jakarta terbaik di dunia yang diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020," kata Anies Baswedan, via Instagram miliknya @aniesbaswedan, seperti yang dilansir iNews, Sabtu (31/10/2020).

Usut punya kabar penghargaan itupun dibongkar masyarakat di media sosial. Berdasarkan pantauan, award yang didapat hanya settingan yang dilakukan Anies Baswedan Cs. Benarkah demikian? 

Dilansir threechannel.co, Haidar Alwi, Direktur Eksekutif Haidar Alwi Institute (HAI) yang ungkap kabar tersebut. Ada hubungan dekat antara Anies dengan pengurus ITDP. 

ITDP adalah singkatan dari Institute for Transportation and Development Policy. ITDP merupakan lembaga nirlaba dari Amerika Serikat yang dikomandoi Faela Sufa. ITDP inilah yang berperan besar dalam pemberian penghargaan STA tersebut.


Menurut Alwi ada dua pihak yang terlibat dalam sebuah kerjasama kemudian satu di antaranya memberikan penghargaan kepada pihak lainnya. 

“Jadi ini semacam simbiosis mutualisme. ITDP dapat proyek dari Pemprov DKI melalui kerjasamanya, Anies Baswedan dapat pencitraan lewat penghargaan yang diberikan ITDP. Satu butuh makan, satunya lagi butuh pencitraan, ketemulah itu barang,” ungkap Haidar Alwi, yang dikutip Threechannel.

Haidar juga menyebut-nyebut nama Yoga Adiwinarto yang merupakan bekas Direktur ITPD. Kata Haedar, Yoga Adiwinarto oleh Anies diangkat sebagai Direktur Teknik dan Fasilitas BUMD Transjakarta pada Agustus 2019 lalu. 

“Yoga Adiwinarto diangkat Anies Baswedan menjadi Direktur Teknik dan Fasilitas BUMD Transjakarta persis setelah ITDP memberikan hadiah kepada Pemprov DKI melalui penobatan Jakarta Kota Terbaik Dunia Peringkat 2,” katanya. (pantausatu) 

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel