Peluang Gatot Nurmantyo Gabung Partai Ummat Terbuka, Ada Kedekatan Emosional

Ilustrasi logo partai Ummat


PANTAUSATU.id
- Kans bergabungnya Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo ke Partai Ummat dinilai cukup terbuka. Jika itu terjadi maka diprediksi partai besutan Amien Rais itu akan berdampak secara elektoral.

Demikian penilaian, Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (Sudra) Fadhli Harahab. Dia mengatakan, kemungkinan bergabungnya eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo dkk dapat dilihat dari kedekatan yang sudah terjalin. 

"Secara emosinal dan rasional, antara tokoh-tokohnya (KAMI-Partai Ummat) sudah ketemu. Tinggal bagaimana mengikat gerakan mereka dalam satu wadah resmi (partai)," kata Fadhli saat dihubungi, Rabu (14/10/2020). 

Dia menjelaskan, secara emosional bukan rahasia lagi bahwa Gatot saat ini dekat dengan banyak tokoh Ormas Islam Muhammadiyah, semisal Din Syamsudin dan Amien Rais (Pendiri Partai Ummat). Bahkan semasa menjabat Panglima TNI Gatot Nurmantyo kerap bertandang ke kantor Muhammadiyah Menteng. "Secara emosinal chemistry nya sudah dapat. Kedekatan tokoh-tokohnya sudah terjalin lama," terangnya. 

Lebih lanjut, Fadhli mengatakan kedekatan emosional itu dibarengi dengan kedekatan rasional, yakni sama-sama berada di kubu oposisi dan kritikus pemerintah.

"Emosinal dan rasional sudah ketemu, tinggal bagaimana kedua kubu mengatur ego dan komposisi di partai. Jadi kansnya terbuka lebar," jelasnya. (sindo/pantausatu) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel