Kronologi Massa Tolak Gatot Nurmantyo Deklarasi KAMI di Karawang

Foto: Massa tolak deklarasi KAMI di Karawang (detik)


PANTAUSATU.ID
- Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo batal datang ke Rengasdengklok, Karawang. Rencananya Gatot bakal menghadiri acara deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di sebuah warung bakso.

"Pak Gatot Nurmantyo batal ke Rengasdengklok karena kami dengar ada pihak-pihak yang menolak KAMI," kata Elyasa Budiyanto, Ketua Presidium KAMI Karawang melalui telepon, Rabu (30/9/2020).

Elyasa mengatakan, pihaknya mendengar kabar ada serombongan massa yang mau membubarkan dekarasi sejak Rabu pagi. "Alhasil kami percepat deklarasi tadi pagi dan langsung membubarkan diri," kata Elyasa.

Rencananya, deklarasi bakal dihadiri Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo sekira pukul 11.00 WIB. Namun, lanjut Elyasa, Din Syamsuddin batal hadir. Alhasil, massa KAMI membubarkan diri pukul 09.00 WIB. "Insya Allah Pak Gatot akan orasi di wilayah Galuh Mas sore nanti," kata Elyasa.

Pantauan detikcom di Rengasdengklok, puluhan massa berpakaian hitam-hitam nampak berkumpul dekat Tugu Kebulatan Tekad, Rengasdengklok. Mereka berbaris dan membentangkan spanduk penolakan deklarasi KAMI. Mereka nampak berjalan kaki mendatangi warung bakso tempat massa KAMI berkumpul. Namun massa KAMI langsung membubarkan diri.

Meski begitu, ungkap Elyasa massa KAMI bakal melangsungkan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI. "Daripada menimbulkan konflik, kami membubarkan diri. Tapi tetap akan melangsungkan nobar film G30SPKI di rumah Daday Hudaya," kata Elyasa.

Daday Hudaya merupakan salahsatu tokoh masyarakat di Kabupaten Karawang. Pada 2015, ia mencalonkan diri sebagai bupati di Pilkada Karawang. Karier politiknya dimulai di Partai Demokrat. Ia dua kali terpilih jadi Anggota DPR RI pada 2004-2009 dan 2009-2014.

Pada 2019, secara mengejutkan, Daday pindah haluan ke Partai Gerindra. Ia ikut penjaringan calon bupati Karawang 2020 dari Partai Gerindra. (detik/pantausatu) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel