Opung Luhut: Karena Suka Disogok, Kita Jadi Bangsa yang Tak Tegak Badan

Luhut Binsar Panjaitan


PANTAUSATU.ID
- Pemerintah akan memperbaiki biaya penerapan ekosistem logistik nasional (ELN). Perbaikan perlu dilakukan karena biaya logistik Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan ASEAN.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada tiga catat kecil dalam menangani ekosistem logistik nasional (ELN). Penerapan ELN ini bisa membuat Indonesia agar bisa berdiri tegak dengan negara lainnya. Pasalnya, Indonesia banyak disogok terus sehingga belum bisa membuat negara berdiri sendiri.

"Jadi kita segera membuat keputusan ini. Karena terlalu lama kita suka disogok-sogok sehingga membuat kita jadi bangsa yang tidak tegak dadanya," kata Luhut dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

Dia melanjutkan, pentingnya eksekusi dalam ELN yang melibatkan semua pemangku kepentingan. Apabila hanya berhenti pada kebijakan, berisiko tidak dijalankan.

"Dengan adanya ELN ini jadi satu, langkah yang spektakuler," imbuhnya.

Luhut berencana akan melakukan peninjauan lansung ke Batam untuk mengecek implementasi 17 transaksi layanan menjadi proses tunggal. Selain itu perlu dilakukan efisiensi lego jangkar.

"Kami lagi merancang semua jajaran darat, laut, Bea Cukai, polisi, Bakamla, Angkatan Laut, yang menangkap penyelundupan minyak, ganja, segala macam, maka 50% diatur dikembalikan kepada mereka jadi tunjangan prestasi," jelasnya. (sindo/pantausatu) 

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel