Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tak Akan Jadi Pangkalan Militer Negara Mana pun Termasuk China

Post a Comment
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selaku presiden Dewan Keamanan (DK) PBB, memimpin langsung Debat Terbuka Virtual Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai Pandemi dan Tantangan Bina Damai, Rabu (12/8/2020).


PANTAUSATU.ID
- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi membantah dengan tegas laporan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Amerika Serikat yang menyebut bahwa Indonesia akan menjadi salah satu lokasi pangkalan militer China.

Retno menegaskan bahwa apa yang disebutkan dalam laporan kepada Kongres AS itu tidak benar.

Retno mengatakan, mustahil Indonesia dijadikan lokasi pangkalan militer negara lain, termasuk China, karena hal itu tidak sesuai dengan prinsip luar negeri Indonesia yaitu bebas aktif.

"Saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara mana pun," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/4/2020).

"Saya ulangi bahwa wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara mana pun," tegas Retno.

Isu Indonesia akan dijadikan salah satu basis pangkalan militer China bermula dari laporan tahunan Pentagon bertajuk "Military and Security Developments Involving the People's Republic of China 2020".

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang dilirik China untuk dijadikan lokasi fasilitas militer.

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa selain Indonesia terdapat beberapa negara lainnya yang dipertimbangkan China untuk dijadikan tempat pangkalan militernya.

China diungkapkan telah membuat tawaran ke beberapa negara, yakni Namibia, Vanuatu, dan Kepulauan Salomon untuk memuluskan rencananya.

Adapun kepercayaan AS pada ambisi proyeksi kekuatan Beijing di seberang Samudra Hindia berasal dari bagaimana China membuka pangkalan permanen pertamanya di luar negeri pada 2017 yang berlokasi di Djibouti semenanjung Afrika. (din)


Sumber: tribunnews

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment