Yoshihide Suga Jadi Calon Kuat Pengganti Shinzo Abe

Post a Comment
Yoshihide Suga 


PANTAUSATU.ID
- Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga disebut-sebut menjadi salah satu calon kuat pengganti Shinzo Abe yang baru mengundurkan diri dari posisi Perdana Menteri Jepang. Setelah dua hari berspekulasi, Suga akhirnya dikabarkan maju dalam pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP).

Shinzo Abe sebelumnya telah mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat (28/8) karena kondisi kesehatan yang memburuk. Pengunduran itu kemudian memicu pemilihan internal untuk mencari Ketua LDP yang anyar. Rencananya, pemilihan akan digelar pada pertengahan September mendatang.

Mengutip The Japan Times, Suga telah mengatakan kepada Sekretaris Jenderal LDP Toshihiro Nikai tentang niatnya mencalonkan diri dalam pemilihan. Abe telah melimpahkan kewenangannya kepada Nikai untuk mengambil keputusan terkait pemilihan pemimpin yang baru.

Dalam praktiknya, LDP selalu memilih ketua partainya untuk menjadi perdana menteri. Besar kemungkinan, orang yang terpilih kelak juga akan mengisi posisi Perdana Menteri Jepang menggantikan Abe.

Selain sebagai Sekretaris Kabinet, Suga juga dikenal sebagai juru bicara pemerintah Jepang sejak Abe kembali berkuasa pada akhir 2012 lalu. Suga menjadi salah satu orang kepercayaan yang diprediksi kuat berpotensi menggantikan Abe.

Mengutip South China Morning Post, sebelumnya Suga sempat mengenyampingkan kemungkinan dirinya untuk maju menggantikan Abe. Namun, beberapa waktu ke belakang, Suga terlihat kerap tampil di depan media dan dianggap sebagai calon potensial.

Dalam sebuah wawancara, Suga sempat menekankan mengenai perlunya memacu pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi melalui pariwisata.

"Kami perlu memikirkan apa yang harus kami lakukan untuk mencegah ekonomi jatuh daru jurang," ujar Suga, beberapa waktu lalu.

Selain Suga, beberapa nama lain seperti Kepala Kebijakan LDP Fumio Kishida dan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba juga telah menunjukkan keinginan mereka untuk mencalonkan diri sejak Abe mengumumkan mengundurkan diri.

Pemenang kontestasi ini hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri menggantikan Abe, karena mayoritas suara di parlemen. Pemenang akan menjalani sisa masa jabatan Abe sebagai Ketua LDP yang berakhir pada September 2021. (din)


Sumber: cnnindonesia

Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment