Shinzo Abe Singgung Indonesia di Pidato Peringatan PD II: Jepang Menyesal

PM Jepang Shinzo Abe


PANTAUSATU.ID
- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut nama negara Indonesia saat berpidato memperingati ke-75 tahun selesainya Perang Dunia II, Sabtu (15/8/2020).

"Jepang telah berulang kali mengungkapkan penyesalan yang tulus dan permintaan maaf yang tulus atas tindakannya selama perang sebelumnya," ungkap PM Jepang Shinzo Abe.

Selain itu PM Abe juga menyebut beberapa negara di Asia yang telah menjadi tempat perang juga saat Perang Dunia II.

"Untuk menunjukkan pemikiran seperti itu dalam tindakan nyata, sejarah penderitaan orang-orang Asia di negara tetangga seperti Indonesia, Filipina, negara-negara Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, China, dan lainnya memang telah terjadi," kata Shinzo Abe.

PM Shinzo Abe mengatakan perdamaian akan terus dipertahankan sejak akhir perang hingga kini.

"Saya telah dan akan selalu melakukan yang terbaik untuk kemakmuran berbagai bangsa," ujarnya.

Posisi kabinet berturut-turut dari waktu ke waktu tetap tak tergoyahkan.

"Namun, tidak peduli upaya apa yang mungkin dapat kita lakukan, kesedihan mereka yang kehilangan keluarga, dan kenangan menyakitkan dari mereka yang mengalami sakitnya hati akibat kerusakan yang terjadi saat perang, tampaknya tidak akan pernah sembuh karena memang telah terjadi," kata Abe.

Meskipun demikian PM Abe berharap untuk kerja sama dan persahabatan yang lebih erat dengan semua negara di masa-masa mendatang.

Sementara itu Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja sesungguhnya di Jepang dalam bahasa Indonesia, akan terbit akhir September 2020. (din)


Sumber: tribunnews

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel