Sah! Paslon Independen Pilkada Solo Bajo Lolos Verifikasi

Foto: KPU menyerahkan berita acara lolos verifikasi dukungan pasangan Bajo siang ini (Bayu Ardi/detikcom)


PANTAUSATU.ID -
Pasangan bakal calon independen Pilkada Solo, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) resmi lolos dari proses verifikasi berkas syarat dukungan. Mereka dipastikan bisa mendaftar Pilkada Solo melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

Proses verifikasi berkas syarat dukungan ini diputuskan dari rapat pleno tingkat kota KPU Solo siang ini. Berkas syarat Bajo terhitung berjumlah 38.831 dukungan, melebihi syarat yang ditentukan, yakni 35.870 dukungan.

"Jumlah dukungan tahap perbaikan memenuhi syarat, 10.202 dukungan. Sedangkan jumlah dukungan sebelum perbaikan, tahap awal 28.629, sehingga bapaslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo menjadi 38 ribu sekian," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti usai rapat pleno di Hotel Swiss-Bellin Saripetojo, Purwosari, Laweyan, Solo, Jumat (21/8/2020).

Nurul mengatakan Bajo dapat mengikuti tahap selanjutnya. Baik calon independen maupun dari jalur partai politik bisa mengikuti pendaftaran calon peserta Pilkada Solo pada 4-6 September 2020.

Pada tahap pendaftaran, bakal calon kepala daerah diwajibkan memenuhi persyaratan saat mendaftarkan diri ke KPU. Syarat harus sudah lengkap ketika mendaftar.

"Kalau tahapan kali ini, syarat yang tidak lengkap bisa diperbaiki. Tapi kalau tahap pencalonan besok (4-6 September), syarat harus sudah lengkap saat mendaftar," ujar dia.

Jika syarat tidak terpenuhi, maka bakal calon tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Sebaliknya, jika syarat terpenuhi, bakal calon dapat mengikuti tahap verifikasi.

"Statusnya ketika memenuhi syarat maka lanjut tahap selanjutnya, seperti verifikasi administrasi, pemeriksaan kesehatan dan seterusnya," terang Nurul.

Saat ini, dari jalur partai telah muncul satu pasangan bakal calon, yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Mereka diusung PDIP dan didukung Gerindra, Golkar, PAN dan PSI.

Dengan lolosnya Bajo, maka kemungkinan besar Pilkada Solo akan muncul dua pasangan calon. Bajo yang memiliki latar belakang penjahit dan Pak RW akan melawan Gibran-Teguh. (din)


Sumber: detikcom

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel