Pakar Hukum Sidin Sebut Pemprov DKI Tidak Berhak Somasi Artis Ike Muti, Harus Siap Kritikan

Post a comment
Pakar Hukum Sidin Irman Putra

PANTAUSATU.ID - Pakar hukum Irman Putra Sidin melontarkan pernyataan melalui media sosial bahwa Pemda (Pemprov DKI) tak berhak mensomasi artis Ike Muti.

Melalui akun Twitter @irmanputra_sidin, yang diunggah Ahad (2/8/2020), Irman putra mengatakan pemerintah oleh konstitusi memang dipersiapkan untuk menghadapi keluhan, kritikan, protes bahkan kecaman warga baik berdasar fakta, asumsi, bahkan khayal sekalipun.

Namun, karena unggahannya tersebut, Irmanputra mendapat banyak ‘tamparan’ dari warganet.

Masyarakat membandingkan langkah yang diambil Pemprov DKI dengan Pemkot Surabaya yang juga men-somasi warga yang diduga menghina Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada awal tahun 2020 ini.

Diam saat Walkot syantik melaporkan orang yang menjelek-jelekannya, semangat saat Pemerintah DKI mensomasi. Konsistensi jadi ukuran sih dalam dunia profesional….

— Putra Merdeka (@PutraMerdeka9) August 2, 2020

Karena kebiasaan cebong kalau sudah melontarkan hoax dan menyakiti orang lain tidak pernah klarifikasi…bukan kali ini aja prof mereka targetkan Pemprov DKI khususnya pak Anis,mereka memang watak dan kerjanya memang seperti itu ga fitnah g makan, sekali-kali terjun ke bawah prof

— broker property (@sayids) August 2, 2020

AnIes dan pemda sdh ber xx tidak permasalahkan hujatan dan hoax dr gerombolan gorong2. Baru skrg ini mensomasi (bukan mempolisikan!!). Itu krn fitnahnya sgt berbahaya, adu domba dgn pusat. Jk tdk ada upaya hukum, semua org akan anggap ini benar dan mnjadi cttan kelam bagi DKI.

— Mr Desperate (@MrDesperate1) August 2, 2020

Guru kencing berdiri murid kencing berlari pemerintah pusat mencontohkan somasi2 dan tangkap sana sini siapapun yg ngehoax pemerintah. Pertanyaannya kelakuan rusak akan ditiru namun msh lebih sopan pemprov tdk sprti anak kecing berlari jd intinya pemerintah hrs introspeksi diri

— Jojo86 (@Jojo8890475283) August 2, 2020

Seperti diketahui, artis sinetron Indah Kartika Mutiarawati alias Ike Muti membuat postingan di akun instagram pribadinya @ikemuti16, yang mengklaim diminta menghapus fotonya bersama Presiden Joko Widodo sebagai syarat project web series yang disebutnya akan bekerja sama dengan Pemda DKI.

Karena isi postingan tersebut tidak faktual, tidak benar dan berisi kebohongan serta telah viral di medsos yang membuat nama baik Pemprov, maka Pemprov DKI pun memberikan somasi.

Apabila tidak ada penjelasan dan klarifikasi secara tertulis dan ditandatangani di atas materai dari yang bersangkutan, maka Pemprov akan langsung menempuh upaya hukum sesuai dengan kaidah hukum pidana. Pemprov DKI memberikan waktu 2×24 jam kepada Pemeran Euceu dalam sinetron Preman Pensiun ini untuk memberikan penjelasan.


Sumber: riaunews
Reactions:
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Related Posts

Post a comment