Menlu Retno dan Erick Thohir ke China Bahas Pandemi Covid-19

Menlu Retno LP Marsudi. (Dok. Kemlu RI)


PANTAUSATU.ID - Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara,Erick Thohir, berkunjung ke Sanya untuk pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, guna membahas respons atas pandemi Covid-19.

"Retno Marsudi merupakan menteri luar negeri pertama yang diterima China di tengah Covid-19, menunjukkan betapa penting hubungan kedua negara," demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri China melalui Twitter, Kamis (19/8).

Pernyataan itu berlanjut, "Ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik kami akan ditandai dengan lebih banyak kerja sama dalam merespons Covid-19 dan pembangunan demi kesejahteraan rakyat."

Namun, belum ada keterangan mengenai hasil pertemuan tersebut. Retno dan Erick sendiri belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kunjungan mereka ke China di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Retno hanya mengonfirmasi melalui Twitter bahwa ia dan Erick sudah tiba di Sanya untuk pertemuan bilateral dengan Wang Yi.

Kemlu China juga hanya menyatakan bahwa Retno akan berkunjung ke China pada 19-21 Agustus untuk memenuhi undangan dari Wang Yi.

Saat ini, Indonesia sendiri sedang menjadi salah satu negara yang menjadi lokasi uji klinis vaksin virus corona buatan perusahaan China, Sinovac Biotec Ltd. Proses penyuntikan vaksin ke relawan sudah digelar di Bandung sejak 14 Agustus.

Di awal pandemi, tepatnya Maret, salah satu investor China yang menanamkan investasinya di Indonesia melalui China Huadian, mengirimkan 40 ton peralatan kesehatan (alkes) untuk menangani wabah virus corona.

Proses serah terima ini melalui PT Bukit Asam (Persero) untuk kemudian disalurkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Proses serah terima tersebut dihadiri oleh Erick Thohir. (din)


Sumber: cnnindonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel