Loyalis Ungkap Jejak Amien Rais Tak Akur dengan Zulhas

Pidato Amien Rais di Rakernas PAN V


PANTAUSATU.ID - Loyalis Amien Rais, Putra Jaya Husin, hubungan tak akur antara Pendiri Utama PAN Amien Rais dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas harus dilihat dari ketika Amien memutuskan untuk tidak mendukung kembali pencalonan Zulhas menjadi Ketum PAN periode kedua jelang penyelenggaraan Kongres V PAN.

"Sejak memutuskan kenapa saya mendukung si A dan tidak mendukung si B, tentunya ada latar belakangnya. Kalau dilihat lebih dalam, kenapa Pak Amien tidak mendukung Zulhas satu periode lagi, di situlah kita harus melihatnya" kata Putra, Senin (24/8).

Dia menerangkan bahwa sikap yang ditunjukkan Amien saat ini terjadi bukan reaksi terhadap Hasil Kongres V PAN. Menurutnya, perbedaan prinsip atau ideologi dalam berpolitik dengan Zulhas menjadi alasan dasar Amien Rais berpisah dengan PAN.

"Ada prinsip yang memang berbeda, ideologi Pak Amien dalam berpartai itu berbeda dengan ideologinya Pak Zulhas dalam berpartai," tuturnya.

Dia meyakini tangisan Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir saat menyebut nama Amien Rais dalam sambutan di acara peringatan HUT ke-22 PAN merupakan ungkapan tulus yang disampaikan dari dalam hati.

Pasalnya, menurut dia, Soetrisno dan Amien Rais memiliki hubungan yang baik layaknya orangtua dengan anak.

"Saya tahu persis hubungan batin Mas Soetrisno dengan Pak Amien dalam. Hubungannya itu melebihi hubungan berpartai, sudah seperti keluarga. Perbedaan di partai kalah dibandingkan dengan hubungan baik antara Mas Soetrisno dengan Pak Amien, seperti anak dengan orangtua, memang ada pasang surut tapi saya tahu persis hubungan keduanya cukup dekat dan dalam," tuturnya.

Amien Rais sebelumnya pernah mengaku telah dikeluarkan dari PAN. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah video yang diunggah di akun Youtube, @aguzbe official, Selasa (21/7).

Amien Rais mengaku dikeluarkan karena tidak setuju PAN bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya sudah tidak di PAN lagi. Saya sudah dikeluarkan sama anak buah saya karena saya tidak setuju dengan rezim yang sudah tidak ketulungan itu. Sementara, mereka tetap yakin bahwa bergabung rezim Jokowi akan dapat logistik, akan dapat segala macam," ujar Amien.

Namun, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi membantah klaim tersebut. Dia menyatakan Amien tidak mungkin dikeluarkan dari partainya.

Menurutnya, Amien Rais adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN yang juga pernah menjabat sebagai Ketum PAN, dan menjadi personifikasi bahwa PAN.

Dia menegaskan, Amien Rais masih milik PAN sampai hari ini. Viva pun menyatakan ragu Amien Rais akan mendirikan partai politik baru.

"PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," ucap, Kamis (23/7).

Terakhir, Soetrisno selaku Ketua Dewan Kehormatan PAN terlihat menangis saat menyebut nama Amien Rais dalam sambutannya di acara peringatan HUT ke-22 PAN, Minggu (24/8).

Namun begitu, Soetrisno berharap Amien Rais mengikhlaskan estafet kepemimpinan PAN pada generasi saat ini.

"Mudah-mudahan profesor doktor Amien Rais mengikhlaskan estafet kepemimpinan kepada generasi kami ini yang dipimpin saudaraku Zulkifli Hasan," katanya.


Sumber: cnnindonesia

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel