Tokoh Reformasi Amien Rais Kritik Kinerja Menteri Jokowi

Tokoh Reformasi Amien Rais

Pantausatu.id – Tokoh Reformasi Bapak Amien Rais menyoroti rencana Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle menterinya yang dinilai tidak memiliki kinerja baik selama pandemi. Menurut Amien, Jokowi sudah seharusnya melakukan reshuffle karena banyak menterinya yang tidak paham dengan kehidupan rakyat.

“Jadi saya melihat kelemahan dari kabinet Pak Jokowi yang sekarang ini, pada periode keduanya, itu memang banyak menteri-menteri yang saya kira ya, maaf, tidak begitu paham dengan kehidupan rakyat yang kembang-kempis, yang betul-betul kehidupannya itu sangat berat,” kata Amien Rais dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (3/7). Sebagaimana dikutip dari kumparan(03/07/2020).

Amien menilai, saking sulitnya kondisi ekonomi saat ini, masyarakat bahkan kesulitan untuk meminjam uang ke tetangganya. Hal ini, menurutnya, karena dampak krisis akibat pandemi COVID-19 ini sudah merata di kalangan masyarakat.

“Karena sepertinya masih santai. Sesungguhnya kan baru sekarang, ini Pak Jokowi dengan marah dan jengkel, tidak ada sense of crisis tidak ada perasaan segala macam,” ucap Amien.

Oleh sebab itu, apabila Jokowi ingin melakukan reshuffle kabinet, Amien mendukungnya. Yang terpenting, kata Amien, calon-calon menteri yang baru, baik dari kalangan parpol, swasta, atau kampus, harus memiliki watak kerakyatan yang mendalam.

“Yang betul-betul hidupnya itu posisinya itu bukan untuk memperkaya diri, seperti para pengusaha itu yang udah salah kaprah itu, tapi yang betul-betul people oriented,” tutur Amien.

“Jika anda bekerja keras, dan menterinya berubah sama sekali, jadi betul-betul untuk rakyat, pro bono publico, kalau kata Bung Karno, masih ada harapan. Kalau enggak (berubah menjadi pro rakyat) ya, Wallahua’lam. Kita enggak tahu,” pungkasnya. (kumparan/ps) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel