Tengku Zulkarnain Ustaz Hoaks Trending di Twitter

Post a Comment
Tengku Zulkarnain

PANTAUSATU.ID - Nama ustaz Tengku Zulkarnain mendadak viral di jagat Twitter karena disebut warganet sebagai ustaz yang sering menyebarkan hoaks. Kehebohan tersebut membuat tagar #TengkuZulUstadHoaks bertengger di trending topic Twitter.

Selain itu, Tengku Zulkarnain juga diprotes karena dugaan memberikan ceramah yang berisikan diskriminasi budaya. Bahkan salah satu akun Twitter bernama Husin Alwi, melaporkan tokoh pemuka agama itu ke akun CCIC Kepolisian RI karena dugaan diskriminasi terhadap adat Jawa.

"Mohon atensi @CCICPolri untuk segera menciduk Tengku Zulkarnaen karena diduga telah mendiskriminasi budaya adat Jawa. Saya lahir di Jawa merasa terhina dengan ledekan Tengku zulkarnaen tersebut! Negara ini akan damai dan harmonis jika orang-orang seperti si Tengku tidak ada," cuit akun @HusinShihab seraya menyertakan video ceramah Tengku, sebagaimana dikutip Tagar, Sabtu, 25 Juli 2020.

Dalam video yang disertakan dalam cuitan @HusinShihab, Tengku Zulkarnain menyampaikan tentang salah satu kebiasaan dari masyarakat Jawa yang pamit dengan berjalan mundur. Kebiasaan tersebut dinilai lucu dan sempat dibanding-bandingkan dengan adat Sumatera.

Sontak pernyataan tersebut langsung heboh dan menimbulkan berbagai komentar dari warganet. Misalnya akun @yohanesdhysta yang mengatakan bahwa Tengku Zul tidak boleh berbicara lantang mengenai adat Jawa jika belum memahami maksud dari kebiasaan tersebut.

"Ini jadinya jika belum tahu artinya tapi langsung bicara lantang. Orang Jawa pulang jalan mundur itu karena dia sangat menghargai tuan rumah. Orang Jawa taruh keris di belakang karena orang Jawa berprinsip selesaikan dulu pakai mulut dan/atau tangan dan kaki, baru pakai keris," cuitnya.

Kemudian juga ada akun @alfiarnimakhtaf yang berkomentar bahwa permasalahan dari ceraman Tengku Zul tidak perlu diperpanjang. Ia menganggap bahwa ceramah tersebut berisikan tentang perbedaan karakter suku yang ada di Indonesia.

"Dia hanya sedang menjelaskan perbedaan karakter suku, jemaah tertawa tidak hanya saat dia menirukan karakter Jawa, tapi saat dia contohkan karakter Sumatra juga. Sudah lah, jangan terus diperpanjang pertentangan seperti ini. Kalau terus begini, negara sudah hancur barulah pada diam," cuitnya.

Cuitan mengenai ceramah Tengku Zul yang diunggah akun @HusinShihab terus mendatangkan banyak komentar. Hingga berita ini ditulis, Tweet tersebut sudah dibagikan sebanyak 989 pengguna dan disukai 1,6 ribu pengguna, video yang diunggah sudah ditonton oleh 44,2 ribu pengguna. (ps)

Sumber: tagar 
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment