Kejagung Periksa Anita Kolopaking Kasus Dugaan Lobi Pejabat Kejaksaan Muluskan PK Djoko Tjandra

Post a Comment
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Hari Setiyono.

PANTAUSATU.ID - Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono, menyebutkan pemeriksaan terhadap pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking bertujuan untuk mengklarifikasi informasi yang beredar di media sosial terkait pertemuannya dengan sejumlah pejabat Kejaksaan.

Hari mengatakan Anita Kolopaking setidaknya telah melakukan dua pertemuan dengan sejumlah pejabat dari Kejaksaan. Di antaranya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan Anang Supriatna dan seorang jaksa perempuan bernama Pinangki.

"Bidang pengawasan Kejaksaan Agung telah melakukan klarifikasi terhadap adanya berita yang ada di media sosial yang dikaitkan dengan adanya dugaan memuluskan proses peninjauan kembali terpidana Joko Sugiarto Candra," kata Hari di Gedung JAM Bidang Pengawasan, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Hari mengatakan apabila kasus tersebut terbukti ada perbuatan atau pelanggaran yang diperbuat oleh pejabat kejaksaan, maka kasus tersebut akan ditingkatkan menjadi inspeksi kasus.

"Jika benar diduga ada perbuatan tercela maka akan ditingkatkan namanya inspeksi kasus," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait hasil pemeriksaan Anita Kolopaking. Dia hanya menyampaikan penyidik akan mengevaluasi hasil pemeriksaan tersebut dalam waktu dekat.

"Bagaimana isi materi pemeriksaan itu tentunya kita belum bisa menyampaikan. Jadi sekarang masih berproses. Semuanya pihak-pihak yang terkait di dalam pertemuan itu tentu akan kita mintai klarifikasi. Mudah-mudahan di dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan sampaikan ke rekan-rekan media semua," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking angkat bicara soal video viral terkait pertemuannya dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan Anang Supriatna. Menurutnya, tidak ada pembahasan khusus di dalam pertemuan tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Anita Kolopaking usai dilakukan pemeriksaan di Gedung Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (JAM Was), Jakarta Selatan, Senin (27/7/2020). Dia diperiksa sekitar 3 jam lebih oleh penyidik dari Kejagung RI.

"Nggak apa-apa pak Nanang, ketemu dengan pak Nanang gapapa itu kan temen. Eh maksudnya Pak Nanang itu adalah mitra beliau adalah jaksa, saya adalah profesi sebagai advokat," kata Anita.

Dia mengatakan pembahasan yang dilakukan juga hanya seputar jadwal peninjauan kembali (PK) yang didaftarkan kliennya Djoko Tjandra. Sebaliknya, ia mengklaim tidak ada lobi-lobi antara keduanya.

"Pertemuan kami buat kami hal yang biasa saya menanyakan soal jadwal persidangan ini, ini tidak ada yang diberitakan lobi-lobi itu apasih kalau saya bertanya kepada jaksa itu hal yang wajar. Dan itu sudah ditanyakan," pungkasnya. (din)


Sumber: tribunnews
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a Comment