Indonesia Sukses Tingkatkan Ekonomi, Rizal Ramli Nyinyir Sebut Itu Jebakan


Pantausatu.id – Memasuki dua periode awal masa Rezim Jokowi, Indonesia sukses mendapat peringkat baru dari Bank dunia pada Kamis (2/6/2020). 


Peringkat Indonesia tersebut terkait penilaian Bank dunia bahwa Indonesia telah mampu naik kelas sebagai negara yang berhasil meningkatkan pendapatan perkapita bruto atau Gross National Income (GNI) per kapita sebesar US$ 3.840 menjadi US$ 4.1050 per tahun pada akhir 2019.

Berdasarkan data tersebut, Indonesia dinilai oleh bank dunia bukan lagi sebagai negara lower middle income atau negara miskin. Bahkan, mulai 1 Juli 2020 Indonesia dikategorikan sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income) versi Bank Dunia.

Menanggapi hal tersebut, pengamat ekonomi Rizal Ramli menilainya berbeda akan hal. Menteri yang dipecat Jokowi itu membuat nyinyiran bahwa itu jebakan dari Bank dunia. 

“RI naik kelas, ini jebakan Bank Dunia,” ujar RR, sapaan akrab Rizal Ramli sebagaimana dikutip dari Indonews. Id (5/7/2020).

Nada nyinyir terhadap hujan Bank dunia yang disampaikan oleh RR tersebut nampaknya merupakan imbas dari penilaian nya terhadap Bank dunia yang menjadi penyebab terjadinya krisis ekonomi di Indonesia. (rmol/ps) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel