Wajah Wapres Ma'ruf Amin Dicoret-coret Pakai Tinta Merah di Acara Webinar UIN Malang


Pantausatu.id - Diskusi virtual atau webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki, Malang, Jawa Timur via aplikasi Zoom yang disiarkan Youtube mendapat gangguan atau Zoombombing. Saat rekaman Wapres Ma'ruf Amin ditayangkan, ada yang mencoret-coret layar.

Diskusi terbuka ini membahas Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life. Dimulai pukul 10.00 WIB pada hari ini, Kamis (4/6).

Diskusi mengundang Ma'ruf sebagai pembicara utama. Turut hadir Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah dan Rektor UIN Malang Abdul Haris.

CNNIndonesia.com turut ikut serta dalam acara diskusi virtual tersebut. Tampak pula ratusan peserta ikut dalam diskusi dalam suatu ruangan. Selain via aplikasi Zoom, diskusi virtual ini turut disiarkan langsung lewat kanal Youtube UINMlg.

Mulanya, acara berlangsung kondusif. Moderator membuka acara dengan mengajak peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjut dengan sambutan Rektor UIN Maliki Abdul Haris dan Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah.

Setelah itu, acara dilanjutkan oleh Ma'ruf sebagai pembicara kunci. Ma'ruf sendiri tidak dapat mengikut diskusi secara langsung karena sedang rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, dia tetap menyampaikan pidato yang membahas new normal dalam kehidupan ekonomi syariah yang telah direkam sebelumnya. Saat rekaman suara Ma'ruf diputar, layar menampilkan foto dirinya saat tengah duduk di meja kerja.

Sekitar 7 menit rekaman suara Ma'ruf diputar, tampilan wajah Ma'ruf di layar utama aplikasi Zoom mulai diganggu. Wajah Ma'ruf dicoret-coret di layar dengan tinta merah. Ada pula yang menuliskan 'gak ada' saat foto Ma'ruf ditampilkan di layar.

Melihati situasi itu, beberapa peserta yang mengikuti webinar kaget. Tak lama kemudian, foto wajah Ma'ruf pun hilang dari layar. Kemudian muncul layar hitam yang dicoret-coret tak beraturan.
Gangguan itu berlangsung sekitar delapan menit hingga rekaman pidato Ma'ruf selesai diputar. Pada pukul 12.14 WIB, video diskusi yang ditayangkan Youtube sudah tidak bisa diakses lagi.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi untuk mengonfirmasi apa yang baru saja terjadi. Namun, Masduki belum bicara banyak. Dia hanya mengatakan bahwa Ma'ruf tengah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi.

Diketahui, gangguan saat pertemuan lewat Zoom kerap terjadi. 'Zoombombing' menjadi istilah populer yang merujuk pada bentuk sabotase dalam penggunaan aplikasi Zoom.

Sebelumnya, Zoombombing juga sempat terjadi saat diskusi virtual diinisiasi Kementerian ESDM pada Senin, 18 Mei lalu. Kala itu, diskusi dikejutkan dengan kemunculan gambar mesum. (cnnindonesia/ps) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel