Viral Tagar #Boikotwikipedia Gegara Tulisan PKI


Pantausatu.id - Tanda pagar #boikotwikipedia viral di jagat media sosial Twitter. Pangkal masalahnya, terkait penulisan sejarah peristiwa 1965-1966 dan Partai Komunis Indonesia (PKI).


Wikipedia menulis tentang pembantaian 1965-1966. Dalam keterangannya, Wikipedia menulis peristiwa itu menyasar orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia. 

Di atas tulisan tersebut dipajang foto mantan Presiden Soeharto dengan tulisan diduga kuat sebagai dalang di balik pembantaian 1965-1966.

Artikel langsung mengundang reaksi para netizen. Saat dilihat pada Kamis (4/6/2020), Wikipedia memberi keterangan tulisan dan menghilangkan foto Soeharto. Keterangan itu menyatakan, “Tragedi kemanusiaan itu berawal dari konflik internal dalam tubuh Angkatan Darat yang muncul sebagai akibat kesenjangan perikehidupan antara tentara prajurit dengan perwira.”

Wikipedia merupakan situs terbuka yang membuat siapa pun bisa menulis, mengisi, atau mengedit sebuah artikel tentang apa pun. 

Beberapa akun memprotes menyuarakan itu dalam #boikotwikipedia. 

“#boikotwikipedia woi lu semua belum tau, tu Wikipedia bisa lu sunting dan ubah sesuka hati lu pada,” cuit akun @FarizIIM. (sindo/ps) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel