Terus Bergerak, Jamaah Islamiah Berusaha Galang Donasi

Ilustrasi (Antara)

Pantausatu.id - Kelompok Jamaah Islamiah (JI) nonstruktur yang digulung Densus/88 belakangan ini punya rencana besar mengganti dasar negara menjadi khilafah.


Mereka menggunakan strategi bertahap. Mulai dari menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan organisasi yang kuat dan dipastikan mereka tak hanya sekadar meneror tapi kelak akan melakukan pemberontakan pada pemerintah bila sudah siap.

“Mereka saat ini secara halus bergerak merebut hati masyarakat, menggalang donasi dengan mengedepankan sentimen rasa solidaritas. Mereka selalu memanfaatkan fenomena sosial yang terjadi,” kata seseorang yang mengetahui perkembangan kelompok ini kepada Beritasatu.com, Senin (8/6/2020).

Oleh karena itu, satu persatu anggota JI nonstruktural ditangkap. Termasuk seorang pria berinisial M asal Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang dibekuk Kamis (4/6/2020) kemarin.

Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono yang dihubungi terpisah membenarkan jika Densus 88 terus bekerja sesuai tugas dan fungsinya. “Namun (detailnya) nanti akan dirilis setelah Desus 88 selesai mengungkap semuanya,” imbuhnya.

Seperti diberitakan kelompok ini terendus saat Abdullah membeli senjata api dari oknum aparat dan berupaya mengirim senjata api itu ke Jawa Barat melalui ekspedisi di Jalan Kunti, Sidotopo, Surabaya pada April lalu.

JI adalah kelompok teror yang diperkuat eks jihadis lulusan Akademi Para Militer di Afghanistan. Mereka bertanggungjawab dalam aksi bom Bali 2002 dan bom kembar Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di Jakarta pada 2019.

Sejak itu gerakan kelompok ini relatif senyap namun ternyata kelompok ini tidak pernah mati, termasuk munculnya Neo JI, dan selalu beradaptasi dengan zaman dengan tujuan akhir membangun khilafah.

Neo JI yang dimaksud adalah kelompok lanjutan dari JI yang saat itu dipimpin oleh Para Wijayanto. Para yang buron sejak 2003 itu akhirnya ditangkap Densus pada 2019 di Bekasi. (beritasatu) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel