Susul Indonesia, Malaysia Juga Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini

Ribuan pemeluk Islam menunaikan salat di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi (ilustrasi). (Foto: Khaleejtimes/AFP)

Pantausatu.id – Calon jamaah haji dari Malaysia harus memendam impian mereka untuk mengunjungi Tanah Suci tahun ini. 


Pasalnya, pemerintah negeri jiran telah memutuskan untuk tidak mengirimkan jamaah haji tahun ini, menyusul kekhawatiran atas pandemi virus corona (Covid-19).

Menteri pada Departemen Perdana Menteri Malaysia untuk Urusan Agama, Zulkifli Mohamad al-Bakri mengatakan, para calon jamaah tahun ini hanya dapat menunaikan haji tahun depan. 

Keputusan itu akan berdampak pada 31.600 Muslim Malaysia yang telah terdaftar sebagai peserta haji tahun ini.

Pada konferensi pers hari ini, Zulkifli mengatakan, dia telah memberikan surat penangguhan ibadah haji secara resmi kepada duta besar Arab Saudi. 

Dia juga menuturkan, Pemerintah Malaysia membuat keputusan itu dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Pimpinan Lembaga Tabungan Haji Malaysia, Nik Mohd Hasyudeen Yusoff mengatakan, para calon jamaah yang terkena penundaan pada tahun ini akan diberikan prioritas untuk menunaikan haji tahun depan. 

Sementara, mereka yang dijadwalkan untuk berhaji pada 2021 juga bisa berangkat ke Tanah Suci jika masih ada kuota yang tidak terisi.

Sebelumnya, Singapura dan Indonesia juga memutuskan untuk menunda pemberangkatan haji tahun ini hingga tahun depan karena pandemi Covid-19. (inews) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel