Rizal Ramli Sebut Data Ekonomi Negatif karena Corona Tidak Benar

Pengamat Ekonomi Rizal Ramli,(Foto: rmol.id)

Pantausatu.id – Pengamat Ekonomi Rizal Ramli lagi-lagi melayangkan kegundahannya kepada pemerintah. Kali ini, Rizal Ramli menyoroti soal merebaknya virus Corona yang melanda Indonesia yang oleh pemerintah dijadikan alasan untuk kemerosotan perekonomian.

“Pada dasarnya pemerintah hari ini menyalahkan data negatif perekonomian itu hanya karena corona. Itu tidak benar, itu penyesatan, jadi mereka mumpung ada corona semua disalahkan karena corona,” ujar Rizal dalam diskusi virtual, Senin (29/6). Seperti dikutip dari kumparan (29/06/2020).

Padahal, menurut Rizal Ramli, perekonomian bisa dibilang tidak baik jauh sebelum virus Corona menjalar di Indonesia. Ia lebih menerima jika penyebab negatifnya ekonomi Indonesia adalah tata kelola pemerintahan yang tidak bagus.

“Satu setengah tahun sebelum corona, berbagai indikator itu sudah negatif karena memang terjadi mismanajemen. Terjadi salah kelola sama sekali tidak prudent dan mengikuti asas good governance,” sambungnya.

Menurutnya, kondisi itu ditutupi oleh pemerintah dengan menambah utang luar negeri. Karena dengan itu akan tampak perekonomian stabil. Namun, lanjut Rizal Ramli, stabilitas yang diciptakan oleh penambahan cash flow melalui skema utang itu tidak mampu bertahan lama.

“Rupiah kelihatan stabil karena dua hal, satu karena Amerika lagi nyetak uang besar, stimulus terakhir USD 2 triliun sehingga mata uang dolar terhadap mata uang lain anjlok. Kedua, stabilitas semu itu ditopang dengan doping pinjaman, makin lama pinjaman makin besar,” pungkasnya. (aks/ps) 

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel