Pimpinan DPR Sebut RUU HIP Tak Akan Disahkan dalam Waktu Dekat

Sufmi Dasco (Foto: iNews.id/Adit)

Pantausatu.id - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memastikan tak ada agenda pengesahan Rancangan Undang-Undang Tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dalam waktu dekat ini. 


Hal itu ditegaskannya setelah munculnya berbagai penolakan dari masyarakat tentang keberadaan RUU tersebut.

RUU HIP diketahui menjadi polemik di tengah masyarakat. Banyak organisasi masyarakat yang menolak RUU tersebut.

"Kalau dibilang apakah kemudian mau disahkan, itu masih jauhlah. Kita belum pada tahap untuk mengesahkan atau tidak mengesahkan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra itu juga menegaskan belum ada rencana pembahasan terkait RUU HIP tersebut. Dia menyampaikan saat ini DPR masih menunggu Surat Presiden (Surpres) menyangkut RUU ini, dan juga masih memerlukan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dari masing-masing fraksi partai politik.

"Selain itu tentunya masukan dari masyarakat banyak baik perorangan maupun organisasi juga sekarang ini banyak di media massa, dan juga dijanjikan bahwa pada setiap pembahasan UU kami akan melibatkan atau meminta masukan yang banyak kepada seluruh komponen masyarakat," ujarnya.

Saat disinggung soal urgensi dari RUU HIP ini, Dasco tak menanggapinya lebih jauh. Dia memilih mengembalikkan kepada mekanisme yang ada di DPR tentang fungsi legislasi tersebut.

"Kita masuk pada tahapan-tahapan yang ada dulu. Sehingga nanti keputusan apakah itu nanti akan dilanjutkan atau tidak tergantung dari hasil," katanya. (inews) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel