Berkat Kursi Lontar, Pilot Pesawat Tempur Hawk 209 Selamat dari Maut

Pesawat TNI AU jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020) pagi. (Antara)

Pantausatu.id - Pilot pesawat tempur BAe Hawk 209 yang jatuh di permukiman warga di Kampar, Riau berhasil selamat. Lettu Penerbang Andriyanto Ismail berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar.


"Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat," kata Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto melalui keterangan tertulis, Senin (15/6/2020).

Pilot yang tergabung dalam Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin itu telah berada di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Soekirman untuk menjalani perawatan medis.

Fajar menambahkan sebelum jatuh, pesawat tersebut berangkat dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Setelah beberapa menit mengudara, pesawat itu jatuh sekitar pukul 08.13 WIB. Lokasi jatuhnya pesawat berjarak 5 km dari runway Lanud Roesmin Nurjadin.

"Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU," ujarnya.

Untuk diketahui, dilansir dari laman resmi TNI AU, Hawk merupakan pesawat jet latih (trainer) interim. Pesawat ini merupakan untuk pesawat tempur jet generasi 4.

Hawk Mk 109 / 209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI-AU sejak tahun 1997.

Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

Pesawat canggih ini menggunakan radar modern. Untuk tipe Hawk Mk 200 menggunakan radar APG-66. Tak hanya itu, untuk sistem pertahanan, Hawk dibekali dengan rudal AIM-9 Sidewinder.

AIM-9 Sidewinder adalah sebuah rudal udara-ke-udara anti pesawat jarak pendek berpandu infra merah buatan Amerika Serikat. Rudal ini merupakan rudal udara-ke-udara paling populer di dunia, dan menjadi senjata standar bagi pesawat tempur buatan negara-negara NATO. (inews) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel