Siapa Habib Umar Assegaf, Pria yang Langgar PSBB Cekcok dengan Polisi?


Pantausatu.id - Sosok Habib Umar Assegaf menyita perhatian warganet baru-baru ini. Videonya cekcok dengan polisi dan dianggap melanggar aturan PSBB beredar luas di media sosial.


Polda Jatim membenarkan bahwa sosok pria bergamis yang terlihat cekcok dan videonya viral adalah Habib Umar Abdullah Assegaf, pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengkonfirmasi hal tersebut.

"Iya. Ditelusuri dari plat nomor mobil yang digunakan, yang bersangkutan adalah Habib Umar," kata Truno, Kamis (21/5/2020).

Ada tiga poin kesalahan yang dilakukan Habib Umar Assegaf. Pertama, yang bersangkutan menggunakan plat kendaraan selain L dan W, maka dilakukan pengecekan juga maksud dan tujuannya datang di Kota Surabaya.

"Kedua, sopir tidak menggunakan masker dan ketiga kapasitas melebihi batas empat orang," ujar Truno.

Dalam video yang beredar, tampak dengan jelas mobil yang dinaiki Habib Umar berplat nomor N 1 B.

Saat kejadian, Habib Umar yang memakai masker dan gamis putih keluar dari mobilnya. Ia terlihat tak terima dengan keputusan petugas yang memintanya untuk kembali putar balik pulang.

Bahkan ketika petugas kembali mengingatkan, pria bergamis tersebut tetap menolak hingga terjadi aksi saling dorong.

Peristiwa itu terjadi di exit tol Satelit sekitar pukul 17.00 WIB pada Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur membela Habib Umar Assegaf dalam insiden itu.

Sekretaris MUI Jatim, Ainul Yaqin menyampaikan seharusnya aksi adu dorong petugas PSBB Surabaya dengan Habib Umar Assegaf Bangil itu tak harusnya terjadi.

"Jadi kami sangat menyayangkan kejadian itu. Saya sendiri gak tahu persis kejadian sampai memukul Habib Umar, itu kan orang sepuh, seharusnya aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan," ujar Ainul saat dihubungi SuaraJatim.id, Kamis (21/5/2020).

Penelusuran Suara.com, Habib Umar Abdullah Assegaf merupakan pemuka agama cukup terkenal di Jawa Timur. Ia merupakan pengasuh Majelis Maulid Watta'lim Roudhotussalaf, Bangil, Pasuruan.

Ia disebut-sebut memiliki jamaah puluhan ribu. Habib Umar Abdullah Assegaf juga sering menggelar pengajian rutin di berbagai daerah di Pasuruan.

Berdasarkan akun media sosialnya, Majelis Roudlotussalaf sempat menggelar Haul Akbar majelis tersebut pada 22 Maret 2020 lalu. Haul yang digelar di sepanjang jalan Masjid Agung bangil ini disiarkan langsung melalui Facebook.

Dalam acara tersebut, Habib Umar Abdullah Assegaf juga membagikan santunan untuk 2398 anak yatim piatu.(suara) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel