PAN Jateng Gabung ke Partai Amanat Reformasi


Pantausatu.id - Sinyal munculnya partai baru bernama Partai Amanat Reformasi mencuat setelah Hanafi Rais menyatakan mundur dari PAN. 


DPW PAN Jawa Tengah mengaku belum membahas itu dan memilih fokus untuk menggelar muswil.

"PAN Jateng sudah mendengar adanya wacana dan atau rencana pembentukan PAN Reformasi tapi di Jateng sendiri belum pernah terdengar dan atau ada bentuk konkret semacam koordinasi dan atau konsolidasi mengenai pembentukan PAN Reformasi," kata Wakil Ketua DPW PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (9/5/2020).

"PAN Jateng lebih memilih fokus dalam hal persiapan Muswil yang berdasar Rakernas harus dilaksanakan selambatnya Juli tahun ini," imbuhnya.

Terkait peluang adanya perpindahan kader PAN Jateng ke partai baru, Agung tidak memungkiri kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Dia pun mengungkap ada peluang terjadi eksodus kader.

"PAN Jateng tidak menampik bahwa jika PAN Reformasi ini jadi berdiri dan bergulir, maka akan ada eksodus besar-besaran dari kader PAN di Jateng terutama di level grassroot," ujarnya.

Diberitakan, Ketua DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Nazaruddin menyebut PAN yang baru tersebut bakal dikomandani Amien Rais.

"Kalau setahu saya (potensi muncul partai baru) kuat, karena ini kan harapan dari banyak elemen di PAN. Ini (partai baru) nanti akan langsung dikomandani oleh Pak Amien Rais," kata Nazaruddin saat dihubungi detikcom, Jumat (8/5).

Nazaruddin menyebut PAN di bawah kepengurusan Zulkifli Hasan (Zulhas) sudah mengkhianati amanat dari konstituen. PAN, kata dia, saat ini sudah tidak bisa dijadikan alat perjuangan rakyat.

"PAN di bawah kepengurusan yang sekarang ini sudah tidak bisa lagi sebagai alat perjuangan karena sudah mengkhianati amanat dari konstituen, sehingga kemudian ada pemikirian untuk membentuk partai baru," jelasnya. (detik/ps) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel