Mahfud MD: Kecelakaan lalu lintas sembilan kali lebih banyak dari korban Covid-19

Post a comment

Pantausatu.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta masyarakat tidak takut yang berlebih akan adanya Virus Corona atau Covid-19. 


Menurutnya dari data yang ada, angka kematian karena Covid-19 justru lebih kecil ketimbang angka kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Mahfud melihat data yang sempat digunakan oleh media Kompas terkait angka kematian di dunia akibat penyakit. Ia menyebut rata-rata 4.884 orang meninggal setiap harinya.

Hal tersebut disampaikan Mahfud dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara virtual pada Selasa (26/5/2020).

"Yang mati karena Corona, dari tanggal 1 Januari sampai dengan akhir April, 131 hari itu, sehari rata-rata cuma 17," kata Mahfud.

Kemudian Mahfud mengatakan, kecelakaan lalu lintas nyatanya sembilan kali lebih banyak dari korban meninggal karena Covid-19. 

Hal serupa pun disebutnya untuk penyakit AIDS, diare yang menelan korban hingga 560 ribu dalam 132 hari hingga kanker yang merenggut hingga tiga juta nyawa.

"Maksud saya, saudara jangan anggap enteng Corona. Tapi juga jangan takut betul," ucapnya.

Apalagi, ia mengklaim pemerintah sudah sigap akan adanya Covid-19 meskipun virus tersebut belum masuk ke Indonesia.

Ketika Covid-19 tengah menjadi momok di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Desember 2019 hingga akhirnya memutuskan untuk lockdown pada satu bulan setelahnya, Indonesia pun ikut bersiaga.

"Tanggal 28 Januari pemerintah sudah mengumumkan tutup penerbangan Jakarta-Beijing. Artinya apa? Serius kita sejak awal," tutupnya. (suara/ps) 
Pantausatu
Media mencerahkan juga mencerdaskan

Berita lainnya

Post a comment