Covid-19 Mengganas, Ratusan Warga AS Malah Pesta Liar di Kolam Renang


Pantausatu.id - Di saat virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19sedang mewabah di Amerika Serikat(AS), ratusan orang justru berpesta di sebuah kolam renang di Danau Ozarks di Missouri. Parahnya, mereka mengabaikan aturan jarak sosial (social distancing).


Aksi pesta bersama di area wisata itu memicu reaksi kemarahan publik Amerika yang selama ini mematahui protokol pencegahan Covid-19.


Pesta bersama itu berlangsung hari Sabtu pekan lalu. Foto dan video yang diambil dari pesta menunjukkan lusinan perahu kecil berlayar di atas danau, sementara itu banyak orang lainnya merayakan cuaca hangat dengan menari, berenang, dan minum di sebuah kolam renang.

Setiap tahun orang-orang Amerika berduyun-duyun ke tempat wisata tersebut untuk Memoridal Day akhir pekan dan tahun ini tidak berbeda, meskipun ada pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Video dari pesta liar menunjukkan ratusan orang berenang bersama di kolam dan berdiri dalam perayaan. Tidak seorang pun dalam rekaman itu yang peduli tentang aturan menjaga jarak sosial satu sama lain. 

Foto-foto yang dibagikan di Twitter oleh jurnalis Colin Jeffery dari KSDK News menunjukkan kerumunan orang berkerumun di sekitar kolam renang tanpa menjaga jarak sosial yang ditetapkan otoritas kesehatan Amerika, yakni sejauh 6 kaki.

Jeffrey mengatakan ketika dia bertanya kepada Departemen Sheriff Camden County tentang pesta massal itu, dia diberi tahu bahwa perintah yang memungkinkan polisi untuk menegakkan jarak sosial sudah tidak ada lagi.

“Peraturan dan perintah kesehatan dari komisi berakhir ketika negara dibuka kembali. Tentu saja negara memiliki pedoman jarak sosial tetapi tampaknya tidak semua orang mengikutinya dengan sangat baik di sini," kata departemen itu, seperti dikutip news.com.au, Senin (25/5/2020).

Pesta ini berlangsung setelah Gubernur Missouri Mike Parson membuka kembali sebagian negara bagian tersebut dan mengizinkan bisnis dan restoran lain membuka pintu mereka.

Namun, arahan bahwa setiap orang dan bisnis di Negara Bagian Missouri agar mematuhi persyaratan jarak sosial tidak diindahkan banyak orang. 

Video dan foto pesta liar itu dengan cepat viral di media sosial dan pada hari Minggu pagi "Lake of the Ozarks(Danau Ozarks)" jadi trending topic di Twitter, di mana para pengguna media sosial meluapkan kemarahan dan kekecewaan.

"Saya tidak berpikir pekerja perawatan kesehatan, yang telah mempertaruhkan hidup mereka dan jam kerja yang kelelahan selama 3 bulan, harus memperlakukan orang-orang tolol yang berbondong-bondong (ironi) ke Ocean City dan Danau Ozarks akhir pekan ini. Tidak pernah berhenti membuat saya takjub betapa egoisnya orang Amerika," kesal pengguna Twitter Rebecca Stewart via akun @BeckyStewart13.

"Korban tewas AS saat ini: 97.414. Masa inkubasi: 2-14 hari. Danau Ozarks, Missouri-hari ini #COVIDー19," tulis pengguna Twitter lain Tom Folan MD via akun @tomfolanmd sembari membagikan foto pesta liar.

Data John Hopkins University saat ini menunjukkan AS memiliki 1.643.238 kasus Covid-19 dengan 97.720 orang di antaranya telah meninggal dan sebanyak 366.736 pasien berhasil disembuhkan. (sindonews) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel