Kader PAN Kubu Amien Rais Dicopot dari Pimpinan Komisi DPR oleh Zulhas Cs


Pantausatu.id - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) mencopot Mulfachri Harahap dari jabatan Wakil Ketua Komisi III DPR. Nantinya, dia akan diganti oleh Pangeran Khairul Saleh.


Mulfachri merupakan mantan calon ketua umum PAN yang didukungAmien Rais dalam Kongres V di Kendari. Dia kalah dari calon petahana Zulkifli Hasan.

"Iya, dalam rangka penyegaran," kata Sekretaris Fraksi PAN DPR, Ahmad Yohan kepadaCNNIndonesia.com, Sabtu (4/4).

Yohan mengatakan penggantian untuk penyegaran ini biasa terjadi dan mungkin juga akan terjadi di komisi DPR lainnya.

"Mungkin juga penyegaran di komisi yang lain. Hal biasa terjadi di fraksi," kata Yohan.

Pergantian posisi Wakil Ketua Komisi III DPR dari fraksi PAN tertuang dalam undangan rapat internal kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI pada Senin (6/4). Agenda rapat adalah penetapan Wakil Pimpinan Komisi III DPR dari Fraksi PAN.

Mulfachri Harahap merupakan mantan calon ketua umum yang bersaing dengan Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan saat Kongres V di Kendari, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Dia didukung Amien Rais dan bersaing ketat melawan Zulhas.

Usai kemenangan Zulkifli, Koordinator Tim Konsolidasi Lapangan Pemenangan Mulfachri Harahap, Asri Anas, menyatakan bahwa sejumlah kader dan tokoh PAN mendorong agar pendiri PAN Amien Rais membentuk PAN Reformasi.

Politikus PAN Asri Anas yang pada Kongres V PAN berseberangan dengan Zulhas membenarkan informasi itu. Dia mengatakan Amien Rais yang memimpin langsung gerakan pembentukan partai baru.

"Saat ini memang ada proses konsolidasi ya, memang salah satunya yang memberikan pertimbangan itu adalah Pak Amien Rais," kata Asri yang juga Ketua DPW PAN Sulawesi Barat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (27/3). (cnnindonesia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel