Jokowi: Musuh Terbesar Kita Bukan Corona, tapi Panik dan Hoaks


Pantausatu.id - Presiden Jokowi mengeluarkan imbauan soal pencegahan virus corona dalam sebuah video, Kamis (5/3). Dalam video itu, Jokowi juga meminta masyarakat tidak panik dengan adanya virus corona di Indonesia.


Jokowi menyebut, musuh terbesar yang dihadapi saat ini dengan adanya virus corona di Indonesia bukanlah virus itu sendiri. Ungkapan ini sebelumnya disampaikan Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Jadi sebenarnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita hoaks serta rumor," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memerangi hoaks terkait virus coronadan bersama-sama memerangi wabah tersebut.

"Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama, dan gotong royong," ujar Jokowi.

Dalam video tersebut, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat soal pencegahan virus corona. Pertama, cuci tangan selama 20 detik.

Kedua, hindari menyentuh mata hidung dan mulut. karena telapak tangan rentan menyentuh banyak benda yang terkontaminasi virus.

Kemudian, masyarakat harus menjaga jarak dengan siapa pun yang batuk atau bersin. Sebab, virus corona menyebar melalui droplet atau tetesan yang keluar. Terakhir, Jokowi meminta masyarakat memberi masker kepada yang sakit. (kumparan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel