Dukungan Internasional, 8 Negara Bantu RI Hadapi Corona


Pantausatu.id - Sebanyak delapan negara turut membantu Indonesia dalam menghadapi pandemi corona (COVID-19). 


Dalam rapat kerja virtual Komisi I DPR RI, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi memaparkan terkait bantuan tersebut.

"Dari data yang ada di kami, negara-negara yang sudah membantu Indonesia antara lain adalah Jepang, Amerika Serikat, Singapura, China, Vietnam, Korea Selatan, Australia dan Uni Emirat Arab," jelas Menlu Retno, Selasa (7/4/2020).

Bantuan yang datang biasanya terkait dengan alat-alat kesehatan. "Ada yang berupa masker, ada yang berupa tes kits, ada yang berupa APD dan ada juga yang berupa ventilator, sanitizer, sampai spray desinfektan juga ada," paparnya lagi.

Namun, Menlu Retno menyampaikan jika bantuan-bantuan tersebut tidak hanya datang dari pemerintah di negara-negara tersebut, tetapi bantuan juga datang dari pihak-pihak swasta.

Sejauh ini, menurut data Kementerian Luar Negeri, Indonesia mendapatkan 52 dukungan dari pihak internasional. Sebanyak delapan bantuan berasal dari pemerintah negara, enam bantuan dari organisasi atau entitas internasional, serta 38 dukungan dari non-pemerintah atau swasta.

Bantuan pemerintah negara datang dari Jepang, Amerika Serikat, Singapura, China, Vietnam, Korea Selatan, Australia dan Uni Emirat Arab. Sedangkan dukungan swasta atau NGO didapat dari perusahaan di enam negara, yakni China, Singapura, Korea Selatan, Vietnam, Perancis, dan Rusia.

Hingga kini  Indonesia memiliki 2.491 kasus terjangkit, dengan 209 kasus meninggal, dan 192 kasus berhasil sembuh. Menurut data covid19.go.id, sebanyak 2.090 kasus sedang dalam perawatan oleh pemerintah.

Secara global, COVID-19 sudah menjangkit 209 negara dan teritorial dengan 1.349.904 kasus terjangkit, 74.820 kasus meninggal, dan 286.877 kasus berhasil sembuh. Amerika Serikat menduduki posisi pertama dalam penularan paling banyak dengan 367.650 kasus terjangkit berdasarkan data Worldometers. (cnbcindonesia)

REKOMENDASI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel