Hari Pertama Dibuka, RSUD Banten Sudah Rawat 7 Pasien Corona


Serang - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten resmi menjadi RS pusat rujukan khusus Corona atau Covid-19 di Provinsi Banten, Rabu (25/3/2020).


Di hari pertama pembukaan, RS milik Pemprov Banten ini sudah menerima 7 pasien terkait corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji mengatakan, beberapa hari kedepan, jumlahnya akan terus meningkat, lantaran saat ini tengah menunggu rujukan dari 14 RS lain di seluruh Banten.

"Yang sudah masuk tujuh, saat ini kami sedang menunggu rujukan dari 14 RS," kata Ati dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Ati mengatakan, RSUD Banten memiliki 250 tempat tidur dan diharapkan bisa menampung pasien corona di Banten yang saat ini terus mengalami peningkatan.

Untuk pasien terkait corona, Ati mengatakan, di Banten tersebar sejumlah RS yang menangani. Rinciannya, 113 RS untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), 4 RS rujukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan satu RS pusat rujukan Covid-19.

"Karena RSUD Banten adalah RS rujukan pusat Covid-19 se-Provinsi Banten oleh karenanya kami hanya menerima pasien rujukan PDP yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Banten saja," kata dia.

Berdasarkan data resmi dari infocorona.bantenprov.go.id yang diperbaharui Rabu (25/3/2020), hingga saat ini terdapat 50 kasus positif corona di Banten. Dimana 43 pasien masih dirawat, satu sembuh dan 6 di antaranya meninggal.

Sementara PDP terdapat 180 dan 1.212 ODP yang tersebar di 8 kabupaten/kota seluruh Banten. (Kompas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel