Cerita Driver Gojek yang Tetap Bekerja di Tengah Pandemi Corona


Jakarta - Beberapa driver ojek onlie (ojol) mengapresiasi langkah operator transportasi berbasis aplikasi, Gojek yang membantu para mitranya selalu sehat dan aman.


Belakangan diketahui, manajemen dan karyawan Gojek telah menghimpun dana dari gaji mereka untuk membantu pendapatan para driver yang tetap bekerja selama pandemi corona.

“Kepedulian Gojek sangat luar biasa. Kami dibagikan masker, hand sanitizer, vitamin C,” kata Riza Nurpadilah, salah satu driver Gojek di Tangerang Barat.

Ia mengakui bahwa selama masa social distancing, pendapatannya berkurang. Namun, ia bersyukur masih mendapat pemasukan dari naiknya orderan GoFood di beberapa wilayah.

Hal ini setelah adanya program Gojek yang mendorong agar GoFood dapat menjadi pilihan saat ada kebijakan bekerja dari rumah bagi sebagian besar karyawan.

“Otomatis pendapatan berkurang, yang paling terasa GoRide. GoFood ada peningkatan, tapi tidak menyeluuruh, tergantung wilayah,” paparnya.

Menurut Riza, hingga saat ini di wilayah Tanggerang, sebagian besar mitra driver tetap beroperasi.

“Rata-rata masih onbid, bukan tidak mengindahkan imbauan pemerintah, meski takut, rasa takut kami kalah dengan desakan kebutuhan,” akunya.

Ia berpesan kepada sesama rekan driver, untuk menjaga pola makan, memperbanyak istirahat, tidak memaksakan kondisi tubuh saat terasa lelah, selalu menjaga kebersihan atribut (helm, sarung tangan), serta sering-sering mencuci tangan 20 detik pakai sabun atau hand sanitizer saat di lapangan.

“Kami ini pejuang keluarga, harus tetap sehat, kalau kami jatuh sakit, keluarga kami bisa terbengkalai. Semoga covid-19 di Indonesia segera berakhir,” ungkap Riza.

Hal senada disampaikan oleh Jhon Rony Fetriandy, mitra driver Jabodetabek. Meski orderan GoRide turun, dirinya mengaku bersyukur untuk Gosend masih stabil.

Bahkan untuk orderan Gofood terjadi peningkatan. Ia optimistis bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan tetap beroperasi.

"Selama covid-19 masih banyak yang beroperasional, termasuk saya, dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan, yaitu jaga jarak, sering cuci tangan, dan tidak berkumpul. Kami mengapresiasi manajemen Gojek yang membagikan hand sanitizer, masker dan vitamin ke setiap mitranya dibantu oleh Tim PKM dan URC dan Kami juga selalu mendapat arahan dalam rangka pencegahan Covid-19," ujar Jhon.

Ia mengimbau rekan sesama mitra untuk menjaga kebersihan diri, kendaraan, dan atribut serta terus meningkatkan ibadah.

"Mau kerja mandi dulu, pakaian yang bersih, motor dicuci atau dibersihkan setiap hari, helm selalu bersih, jaket juga, pakai hand sanitizer dan rajin cuci tangan, jaga jarak, dan selalu jaga solat," pesannya.(mg7/jpnn)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel